DISCLAIMER:

This story is a work of fiction. Any resemblance to any person, place, or written works are purely coincidental. The author retains all rights to the work, and requests that in any use of this material that my rights are respected. Please do not copy or use this story in any manner without author's permission.

The story contains male to male love and some male to male sex scenes. You've found this blog like the rest of the readers so the assumption is that material of this nature does not offend you. If it does, or it is illegal for you to view this content for whatever the reason, please leave the page or continue your blog walking or blog passing or whatever it is called.



Ninja Next Door - Chapter 11

11
Orientation Days


Gambar 
 
by Coatwest


Kharisma


Hari Senin.

Setelah berdiri sampe capek ngikutin upacara penerimaan maba (mahasiswa baru) seangkatan, seluruh maba Fakultas Teknik disuruh ngumpul di KPTU (Kantor Pusat Tata Usaha, pusatnya teknik gitu lah). Trus di sana kita dibentuk kelompok yang nama kelompoknya adalah nama jalan-jalan di Jogjakarta. Trus kita disuruh masuk ke gedung G-100 dan dikasih KRS trus ngisi KRS bareng ma DPA (Dosen Pembimbing Akademik). Trus, dikasih buku ospek dan disuruh ngumpul bareng kelompok masing-masing. Di situlah semuanya dimulai, kita semua dikasih tau barang-barang apa aja yang harus kita bawa. Ada tugas kelompok, ada tugas individu.

Gilaaaaaa .. buanyak buanget. Aneh-aneh pula.

Kita juga dikasitau password buat masuk ke Fakultas Teknik (aneh, puanjang, dan kocak).

Walaupun termasuk tugas individu tapi anak-anak sekelompok sepakat buat ngerjain bareng-bareng. Jadi gw, Liam ama Jun yang kebetulan sekelompok sementara ngungsi ke kontrakannya temen di Gejayan yang dijadiin base camp kita.

Jadi gini neh, tiap kelompok tuh isinya sekitar 43 orang. Masing-masing berasal dari jurusan yang berbeda-beda, tapi masih Fakultas Teknik semua. Di ospek ini lah, gw bisa kenal anak-anak dari lain jurusan. Jadi sedikit banyak bisa nambah luas pergaulan juga. Sebenernya sih yang diharepin ya bisa kenal sama anak-anak Arsitek kalo gak Industri, soalnya mereka kan banyak mahasiswinya, terus cakep-cakep, siapa tau ada yang kecantol.

Berasa kayak camp pengungsian korban bencana alam deh. Empat puluh tiga maba tumplek blek disana, dan ceweknya cuman sembilan orang sodara-sodara. Ternyata benar gosip itu, kalau anak teknik didominasi kaum cowok, tidaaaaaaaaaaaaaak ..

Temen-temen sekelompok gw yang berwajah kuyu itu (pada laper kali) sibuk ama tugasnya masing-masing. Ada yang sibuk motong kertas karton, ada yang nganyam tali buat name tag, ada yang ngitungin kacang ijo (soalnya kan kudu bawa pas seratus tiga belas butir), ada yang kelayaban nyari pecahan uang lima puluh perak. Eh sialan, sempet-sempetnya ada yang tidur juga, jitak ah .. kerja woooy .. kerjaaa ..

Dan aku sendiri? Gw lagi sibuk-sibuknya juga. Mulai dari tadi pagi, sampe hampir menjelang sore, gw hampir gak ada kesempatan buat nganggur. Maklum deh, besok udah mulai ospek, ospek yang sebenarnya, yang dibentak-bentak gitu, dan gw kebagian jadi seksi perlengkapan, nyariin bahan-bahan ..

Beberapa perlengkapan yang harus aku cari antara laen :

1. Karung terigu bekas, buat bikin tas, tali tasnya harus dari sumbu kompor.

Gw sama temen sekelompok muter-muter pasar Bringharjo (pasar tradisional di Jogja) dari pagi cuma buat nyari karung. Dan sialnya, harganya langsung meroket. Dasar, penjual di pasar ngerti banget dah sama prinsip ekonomi. Makin banyak permintaan, ketersediaan barang terbatas, maka harga naek, sialll ..

Alhasil yang biasanya tuh karung boleh kita minta gratis, malah jadi harus bayar 5000 per bijinya, dan ada empat puluh tiga maba di kelompok kita, jadi lima ribu dikali empat puluh tiga .. hmmm .. (ngeluarin kalkulator dulu) ..

UAPAAAAAAAAAA .. 215.000 rupiah?

Jualan karung bekas aja bisa dapet duit segitu? Udah ah kalo gitu gw mo jadi penjual karung aja.

Sebenernya sih kalo mau gampang, didepan kampus udah banyak penjual dadakan yang menjajakan perlengkapan ospek, ya salah satunya tas itu. Udah dijait, dibikin yang bagus bener dah. Cuman .. harganya itu yang gak nguatin, 30 ribu perbiji. Kalo gw jelas gak akan sanggup beli, soalnya keuangan sedang menipis, kemaren habis belanja kaos di Malioboro, maklum lagi norak-noraknya pertama kali ke sana. Entah kenapa aku semakin merasa kalo aku tuh masih jadi turis di Jogja, dan lagi liburan di sini, bukan kuliah, hehe. Jadi kayak turis aja bawaannya, beli oleh-oleh mulu (oleh-oleh buat sendiri, haha).

Oh iya kembali ke uang 215.000 tadi, siapa yang bayarrrrrr?

Akhirnya kita balik lagi ke base camp buat nagih duit ke anak-anak kayak centeng. Dikumpulin sampe pas 215.000, dasar anak kos duitnya pada lecek-lecek semua, banyak pecahan seribuannya pula, malu-maluin aja.

2. Kardus buat papan nama (dikalungin di leher)

Nah ini lagi jadi masalah .. Mentang-mentang semua orang nyari kardus, harga kardus jadi melejit. Bener-bener jago nyari peluang dah neh orang-orang Jogja. Masa mahasiswa pengeretan kayak gw masih mau diporotin juga.

3. Karton ama koran buat topi kelompok.

Untung harga karton masih normal, di Toko Merah Gejayan kita mborong banyak. Sebenernya perkara yang gampang sih buat bikin topi, tapi karena takut sama dengan kelompok laen, malah jadi lama nyari idenya (topi harus beda-beda, gak boleh sama bentuknya sama kelompok yang laen).

Walau cuma dapet waktu sehari untuk menyiapkan segala sesuatunya (Senin pengumuman anggota kelompoknya, Selasa udah mulai ospeknya), tapi bisa dibilang kami cukup kompak lah. Cukup seru untuk ukuran temen-temen baru.

Dan ini lah yang dinanti.

Hari Selasa, ospek dimulai. Dimulai dari jam enam pagi, selesai jam lima sore. Dengan seragam kemeja putih celana panjang item, pake dasi item (mirip sales).

Gak boleh sarapan dari rumah, sarapannya harus di kampus. Maksudnya, bawa sarapan dari rumah buat dimakan dikampus. Menunya harus tahu tempe (bentuk ama ukurannya ditentuin), sama sayur sop. Kata panita sih, menu kayak gini ini lah makanan khas mahasiswa Jogja, minimalis.

Sampe di sana, kita sekelompok latian password masuk. Ternyata sulit juga. Dan banyak anak yang gak hafal password. Dan apesnya aku ngulang password ampe lima kali gitu .. Mana pas di tengah-tengah dibentak Mbak KOMDIS (Komisi Disiplin)-nya gara-gara aku ketawa. Abis gimana ya .. lucu banget sih ..

Malemnya balik ke base camp dengan banyak tugas yang harus dikerjain. Ya bikin paper lah, bikin karangan pake bahasa inggris lah, bikin prakarya yang ajaib lah (bunga-bungaan dari kertas buat dikasih ke panitia yang paling kita kagumin, bener-bener gak ada kerjaan).

Panitia berkata, "Maksud kami memberikan tugas banyak adalah untuk membiasakan kalian dengan tugas-tugas kampus yang jauh lebih banyak dari ini .. Kadang kala kami, kakak-kakak kalian ini, pernah tidak tidur berhari-hari cuma untuk ngerjain tugas .."

Dalem hati gw, "Preeettt!!!"

Waktu tidurku jadi berkurang drastis gara-gara ospek ini. Bayangin aja aku cuman sempet tidur tiga jam doang. Gw juga jadi jarang ada di kos, jarang ketemu Sam ama Harris karena mereka ospeknya beda, ikut ospek Fakultas MIPA yang kabarnya lebih nyantai.

Yang bikin keder tu tugas dadakan, tau-tau aja kakak pembina ngasih tau kalo ada tugas tambahan, ngasih taunya jam sembilan malem, dan masuk ospeknya jam enam pagi. Waduh langsung pada ribut. Gara-gara nyari bahan buat tugas itu aku sempet jatuh ngepot waktu naek motor nyari toko yang masih buka. Sial .. pada lecet-lecet tanganku.

Besoknya gw telat, ketiduran. Untung ada barengannya, si Liam.

Telat bangun, telat lari, dan telat melangkahkan kaki.

Telatku ini bener-bener mengenaskan. Waktu aku masih sekitar tujuh meter dari batas wilayah ospek, penjaganya, para anggota KOMDIS lagi ngitung mundur.

"Empat!!! Tiga!!!! Dua!!!! SATU!!"

Batas ditutup.

Liam langsung ngerang dongkol. Gw juga dongkol, kesel banget waktu itu.

Kurang 20 cm lagi !!!

DUA PULUH CM DOANGG !!!!!!!

AGHHHHHH !!!

Dan akhirnya aku, Liam dan banyak orang laennya dibentak-bentak dan ngejalanin push up 10 kali. Ada yang 20 kali. Ada yang disuruh lari keliling. Ada juga yang disuruh manjat tebing panjat. Tergantung lamanya telat.

Oya, sekedar informasi. Aku cuma telat satu detik ..

Besoknya aku nggak telat, dan tugas secara bertahap aku kerjain semua. Soalnya aku gak mau ketemu KOMDIS lagi. Masih untung kemaren kloter-ku dapet KOMDIS yang gak neko-neko dan gak terlalu kasar. Soalnya ada kloter yang dapet KOMDIS yang hooobiiii banget sama pecahan. Pas push up dia sukaaaaa banget ngitung sedetail mungkin.

Ilustrasi :

"SATU!!!" teriak KOMDIS-pecahan waktu lagi ngitungin maba yang telat.

Trus dia diem lama, ngeliatin adik-adiknya yang terdiam dengan posisi njengking.

Diem lama.

Masih diem.

Diem lagi

Diem.

Jalan-jalan.

Diem.

“SATU!!” gag jauh dari sana KOMDIS lain juga sedang ngitungin korbannya. “DUA!! TIGA!! EMPAT!!"

"SATU SETENGAH!!" lanjut si KOMDIS-pecahan bikin jengkel, lah KOMDIS sebelah udah ngitung sampe empat kok ini dua aja belom kelar, masih satu setengah, ntar satu setengah tambah dikit, dan seterusnya.

Bisa bayangin kan?

Satu lagi dampak ospek, aku jadi tahan nggak mandi, ini bisa jadi rekor, aku udah dua hari berturut-turut gak mandi saking sibuknya. Istilahnya sih daripada dipake buat mandi mending waktu yang ada dipake buat tidur.

“Ka, kamu dicariin Harris tuh,” Sam yang sedang balik ke kos buat mandi dan ganti baju ngasih tau aku, tampangnya kusut, kecapekan. Aku juga lagi ada di kos, tapi nggak ada Harris disini, mungkin dia masih bareng temen ospeknya.

“Heh? Ada apaan?”

Sam ngangkat bahu. “Nggak tau. Oh iya kata Liam kamu abis kecelakaan ya?”

“Cuma jatoh doang kok. Nggak parah-parah amat, paling lecet-lecet,” aku menjawab sambil nunjukin lengan kiriku yang lecet, membentuk garis-garis merah panjang.

Waktu itu aku masih belum nganggep serius kata Sam soal Harris yang nyariin aku, tapi waktu ketemu Ferli di kampus besoknya, dia juga bilang hal yang sama.

“Woy Ka, dicariin Harris tuh. Nyolong coklatnya lagi ya?”

Terus Liam juga.

“Aku tadi ketemu Harris, kamu dicariin tuh.”

Ada apa sih tu anak? Ada urusan apa nyari gw? Kenapa nggak sms aja, ato telpon, kenapa malah nanya-nanya lewat orang lain gitu. Kurang kerjaan aja. Atau mungkin jangan-jangan dia gengsi? Dasar .. Makan tuh gengsi ..

Tapi akhirnya aku nggak tahan juga. Penasaran. Sempet pengen ke tempat kelompoknya Harris, tapi males juga. Ntar kegeeran banget dia gw samperin kayak gitu. Yaudah deh biarin aja, kalo emang dia perlu banget sama gw pasti bakal nyamperin duluan kan.

Dan walaupun aku sempet sangsi, ragu, dan nggak percaya, tapi Harris beneran nyamperin gw ke base camp kelompok ospekku di Gejayan.

“Kakaaaa temen lo nih,” teriak temen ospekku malem itu. “Tunggu bentar ya mas, duduk aja dulu.”

Aku samperin dia di teras dan asli kaget banget ngeliat Harris berdiri disana, tangannya dimasukin ke saku jeans, gayanya cool, tapi sok angkuh gitu deh bikin eneg. Tapi emang cool kok (walah bingung).

“Ada apa?” tanyaku langsung tanpa basa-basi.

Harris maju dan menarik tangan kiriku. Aku mengerang kesakitan, itu kan tangan yang lecet-lecet karna jatuh kemarin. Mata Harris mengamatinya dengan hati-hati.

Nggak mungkin kan dia kuatir denger berita gw jatuh.

Harris menghela napas, dia mengeluarkan sesuatu dari sakunya.

“Ntar diolesin ini ya, biar cepet sembuh,” kata Harris datar sambil menyerahkan semacam tube obat salep gitu ke tanganku.

Aku jadi kaget.

Plus terharu juga. Soalnya nggak ada orang lain yang nganggep luka gw serius. Waktu gw pertama dapet luka ini dan ngeluh ke Liam dia cuman ngelirik sadis, “Cuma luka lecet kayak gitu doang sih dijilat juga sembuh.”

Enak aja, emangnya gw kucing? Akhir-akhir ini Liam emang jadi agak tegaan orangnya. Dia lagi stress gara-gara sekelompok ama Jun, tiap hari jadi ketemu terus padahal udah niat mau menghindar.

Oke kembali ke Harris.

Uhm. Jadi dia bela-belain dateng nyari aku cuman untuk ngasih obat? Padahal base camp-nya jauh di Timoho sana lhoo .. tapi masa sih? Nggak mungkin banget.

“Lo kesini cuman mau ngasih ini?” tanyaku curiga.

Harris mengangguk, dan aku tau nggak ada gunanya dia boong.

Aku malah jadi salah tingkah. “Oh .. Umm .. Makasih ya ..”

Harris mengangguk lagi.

“Aku balik dulu. Udah ditunggu ama temen,” katanya sebelum berbalik dan berlari kecil ke seberang jalan, naik motor lalu hilang di ramainya jalan. Aku terus mengawasi tempat sosok Harris menghilang. Memang bener kata Liam, Harris ternyata baik juga orangnya.

Aku nyengir.

Untuk pertama kalinya aku mengamati tube salep di tanganku.

Aku masih nyengir.

Lho, kok kayaknya aku kenal ama salep ini, familiar banget, aku berusaha buat inget (maklum prosessor celeron, jadi loadingnya agak lama). Aku membaca tulisan di samping tube-nya.

Aku mulai mengerutkan kening.

Ini kan obat salep dari Mas Hans. Salep buat jariku yang bengkak.

Sialan. Mendadak aku jadi pengen ngebanting salep itu.

Jadi Harris bukan nguatirin aku, tapi nguatirin cincin-nya. Tadi dia narik tanganku buat liat jariku. Aku melirik ganas cincin emas di jari tangan kiriku itu. Cincin sialan. Masa cincin ini lebih penting dibanding gw sih? Dasar raja tega tu Harris. Gw tarik lagi semuaaaaa kata-kata gw tentang dia yang baik-baik tadi. Ternyata dia emang cowok yang cuman mentingin dirinya sendiri.

Awas aja ntar.

Kalo cincin ini bisa lepas, bakal langsung gw jual.
 
 
 
Liam Firman


Aku nggak bisa tenang.

Beneran deh aku ngerasa was-was ada di deket Jun. Persis kayak maling takut ketahuan. Kenapa sih aku bisa sekelompok sama Jun? Kenapa bisa kebetulan kayak gitu, bener-bener kebetulan yang sangat tidak menyenangkan.

“Emang Jun kenapa sih?” tanya Kaka penasaran ngeliat sikapku yang seperti maen kucing-kucingan sama Jun.

“Tau nggak kemaren waktu aku dapet tugas nyuri hatinya dia?”

“Iya. Kenapa?”

“Nah, aku nembak dia Ka.”

Mata Kaka melebar. “Nembak? Maksudnya nembak bilang lo suka ama dia gitu?”

“Iya.”

Kaka bengong.

“Jun nanggepinnya serius Ka. Trus sekarang kan tugasnya udah selesai, nah gimana coba caranya ngejelasin ke dia?” lanjutku sambil ngelipet kertas buat bikin origami.

“Jujur aja. Bilang lo nembak dia cuman karna tugas, bukan beneran nembak.”

“Nggak enak aku sama dia.”

“Apa mau gw aja yang bilang?”

“Nggak usah,” sahutku cepat. “Malah lebih nggak enak lagi kalo dia denger dari orang lain. Biar aku nunggu waktu yang tepat aja buat ngomong ke dia.”

“Ya terserah deh. Jangan lama-lama lho, makin lama bakal makin susah ngomongnya,” kata Kaka masuk akal, dia sedang ngolesin salep di jari tangan kirinya yang bengkak.

“Salep apa tu Ka?” tanyaku penasaran.

Kaka mencibir. “Salep obat lah.”

“Eh tadi Harris ke sini ya? Ngapain?”

“Tauk. Ngukur jalan kali,” jawab Kaka sewot.

Kira-kira jam sembilan malam ada berita mendadak. Seperti biasa ada tugas tambahan.

“Hah? Kue serabi ama kue putu sepuluh biji?” pekik Kaka nggak percaya. “Yang bener aja, nyari dimana?”

“Di pasar biasanya ada yang jual, tapi pasar buka jam lima pagi, kita ospek masuk jam enam. Apa sempet? Belum juga ntar muter-muter pasarnya nyari yang jualan,” sahut seorang cewek.

“Kalo putu kayaknya ada yang jual deh di deket UIN,” kata temen cowok yang lain.

“Yaudah lo cari aja sekarang mumpung belom terlalu malem,” usul Kaka segera. “Terus serabinya gimana?”

Semua diem mikir.

“Kata temenku ada kok yang jual serabi dekat sini,” kata Jun dengan santai.

“Masih jualan?” tanya Kaka.

Jun mengangguk.

“Oke Jun lo beli serabi ya.”

“Tapi bareng Liam,” kata Jun tanpa melihatku.

“Oke. Liam kamu nemenin Jun,” kata Kaka langsung.

“Ka, gimana sih. Kok aku?” aku berbisik protes.

“Lah Jun milih kamu kok,” balas Kaka.

“Tapi masa berduaan aja ama dia. Nggak mau aku Ka.”

“Terus?”

“Kamu ikut ya,” aku menarik tangan Kaka, setengah maksa.

“Apa untungnya buat gw?”

Dasar oportunis, masih aja cari kesempatan. “Kamu maunya apa?”

“Traktir gw makan di warung padang. Tapi lauknya terserah gw. Gimana?”

“Oke,” sambarku tanpa menawar lagi, biarin deh paling maksimal abis sepuluh ribu doang kalo makan di warung padang ujung jalan deket kos.

Kaka nyengir kuda. “Yaudah gw ikut juga deh.”

Akhirnya kami bertiga berjalan menyusuri dinginnya malam. Walaupun udah pakai jaket tapi tetep aja kerasa dingin. Kami sengaja jalan kaki soalnya kata Jun tempatnya deket.

“Masih jauh Jun? Katanya deket,” sindir Kaka nggak sabar.

“Bentar lagi kok,” jawab Jun kalem.

Setelah berjalan kira-kira sepuluh menit suasana jadi semakin sepi. Kita sampai di bentangan tembok tua berlumut. Lampu penerangan nyalanya kedap-kedip. Bentar nyala, bentar lagi mati. Untung lagi bulan purnama jadi jalan setapak di situ masih kelihatan. Tapi kok suasananya jadi mendadak mencekam ya.

Kaka diam-diam memperlambat langkahnya dan menguntit dibelakang Jun. Tidak mau berjalan paling depan dan tidak mau ada di paling belakang.

“Kenapa Ka?” aku menanyainya heran walau sudah tahu jawabannya, Kaka nggak suka sama yang horror-horror. Itu anak kan badung tampilan depannya doang, aslinya penakut banget kalo udah nyangkut urusan dunia hantu-hantuan.

“Ah enggak,” jawab Kaka dengan suara yang dibuatnya datar, mencoba dan gagal untuk tampak tenang. “Ini kok belom nyampe juga ya?”

“Sebentar lagi nyampai kok,” sahut Jun sambil mengecek ponselnya. “Kata temenku tempat orang jualan serabinya di deket kuburan.”

“Kuburan?” pekik Kaka kaget.

“Iya. Kayaknya kita udah sampai di kuburannya deh,” lanjut Jun santai.

“Liam,” Kaka buru-buru mendekat dan berbisik panik. “Biarin deh, nggak jadi traktiran nasi padangnya. Gw balik aja. Nggak mau gw deket-deket kuburan.”

“Kamu ini gimana sih? Udah mau nyampai juga. Ntar boleh nambah sepiring deh,” balasku sengit. “Lagian emang kamu berani balik sendirian?”

Kaka menoleh ke jalan dibelakang kami. Dia merinding.

“Sialan lo Liam. Gw jadi kejebak gini. Terus maju nggak enak di gw, mundur juga nggak enak di gw,” gerutunya kesal.

Aku nyengir.

Pintu gerbang kuburan itu pun terlihat juga. Terlihat sangat kokoh dan berat, besinya sudah tua, karatan, kalo terkena gerakan sedikit aja bakal mengeluarkan suara decit yang memilukan. Jun menyelinap masuk melewati celah di gerbang itu, aku mengikutinya. Kaka terpaksa menguntit dibelakangku, daripada ditinggal sendirian.

“Apa nggak ada jalan laen Jun?” sahut Kaka ngeri, nggak berani memandang sekitarnya.

“Ada. Tapi lebih serem lagi. Lewat pohon–pohon beringin ama rumah peninggalan orang Belanda gitu.”

Kaka jadi tambah dongkol.

Kami terus menerobos gelapnya malam, dengan hanya ditemani cahaya dari ponsel masing-masing untuk penerangan. Gundukan tanah bertebaran dimana-mana. Pohon kamboja tumbuh liar disana-sini, sesekali tercium wangi bunga melati. Karena suasana yang temaram, bolak-balik aku tersandung batu nisan. Kaka malah sampai nyungsep ke kuburan yang baru dikeduk, tanahnya masih merah, basah.

“Wuaaa ..” jeritnya panik sebelum menoleh ke Jun dan protes. “Emangnya beneran ada yang jualan serabi di tempat kayak gini Jun?”

“Iya nih, jangan-jangan yang jual punggungnya bolong lagi,” aku menyeletuk iseng.

“Diem Liam, jangan ngomong kayak gitu. Pamali tau nggak,” desis Kaka tambah panik.

“Ya jangan nyari yang punggungnya bolong dong,” sahut Jun kalem.

Kaka melotot marah tapi nggak bisa apa-apa.

Kami berjalan lagi, kali ini Kaka aku seret biar ikut bergerak. Nggak ada lima langkah tiba-tiba ada sosok putih muncul didepan kami. Tau-tau aja nongol.

Kaka menjerit nggak karuan. Aku sempet kaget juga. Tapi Jun malah menyapa sosok itu.

“Hai.”

“Hai Jun,” balas si sosok putih.

“Temenmu Jun?” tanyaku ragu.

Jun mengangguk. “Kenalin. Tobias.”

Sosok yang ternyata seorang cowok berpakaian serba putih itu tersenyum iseng. Rambutnya hitam berantakan dan mencuat-cuat kayak landak. Kulitnya putih dan cenderung pucat, apalagi dibawah sinar bulan kayak gini.

“Aku Liam. Ini Kaka,” aku menunjuk Kaka yang juga nggak kalah pucatnya. Keliatan banget kalo dia masih ragu Tobias ini beneran orang apa enggak.

“Mau beli serabi ya? Disana tuh, deket kok,” kata Tobias riang.

Ada bangunan lain disamping hamparan tanah kuburan yang luas itu. Bangunan yang sangat sederhana, cahaya penerangannya redup. Semacam kayak kos-kosan.

“Aku ngekos disitu,” Tobias memberitahu kami. “Dulu Jun yang bantu aku nyari kosan.”

“Ada gitu orang yang betah ngekos disini?” bisik Kaka dibalik gemeletuk giginya.

Di teras depan bangunan kos seadanya itu ada seorang gadis berambut panjang, berpakaian serba putih sedang duduk di kursi. Dia menunduk, menyisir rambutnya dengan jemari tangannya pelan-pelan.

“Mbak Sun ada yang mau beli serabi nihhhh,” seru Tobias.

Mulut Kaka bergerak tanpa suara. “Mbak Sun? Sun apaan? Sundel-bolong .. Hiiyyyy ..”

Cewek yang dipanggil Tobias itu mengangguk, rambut panjangnya tergerai sampai kedepan, jadi susah mau ngeliat mukanya. Dia bersuara dengan suara berat dan jauh, “Pesen berapa?”

“Sepuluh Mbak,” jawab Jun kalem. “Umm lima belas deh, sekalian pengen nyicipin juga.”

“Nggak usah banyak-banyak Jun,” desak Kaka panik, takut kalo kudu berlama-lama ditempat macam itu.

“Nyante aja Ka, sambil nunggu duduk-duduk aja dulu yuk,” sahut Tobias sok akrab, langsung menyeret Kaka ke kuburan terdekat.

Wah multifungsi juga nih kuburan bisa dijadiin ruang tamu darurat. Kaka tentu aja agak ragu disuruh duduk di gundukan tanah itu.

“Nggak apa-apa kok,” ujar Tobias seolah tau apa yang dikuatirkan Kaka.

“Beneran nggak apa-apa nih duduk diatas kuburan kayak gini?” gumam Kaka pelan, hati-hati menempelkan pantatnya di gundukan tanah itu. “Katanya kalo arwahnya nggak rela kita bisa dihantuin.”

“Iya juga sih,” jawab Tobias tenang.

Kaka langsung berdiri lagi, sewot. “Bilang dari tadi kek.”

“Kamu nggak ngerjain tugas buat besok Tob?” tanya Jun membuka pembicaraan. Dia sudah duduk manis di kuburan sebelah Tobias, aku mengikuti disampingnya.

“Udah kelar semua kok. Aku balik ke kos bentar, ada kerjaan laen soalnya.”

“Kerjaan apa?” tanyaku penasaran.

“Ini, aku kan kerja part time disini, lumayan lah gajinya buat jajan.”

Aku bertukar pandang heran dengan Kaka. “Kerja apa?”

“Jaga kuburan,” jawab Tobias singkat.

“Hah?”

“Iya. Tanah kuburan sini kan punya bapak kosku, dia sedang sakit jadi sementara nggak bisa patroli keliling kuburan. Jadinya aku yang gantiin deh. Tiap malem emang harus ada yang patroli. Abis biasanya suka ada yang iseng bangun trus jalan-jalan gitu,” lanjutnya santai

“Jalan-jalan?” Kaka langsung nempel ke aku.

“Iya. Bosen kali seharian ngedekem di dalem terus.”

“Balik Liam. Ayo balik sekarang,” desis Kaka mengguncang-guncang bahuku.

“Yaudah deh aku patroli dulu ya, daripada ntar kemaleman,” sambung Tobias sambil bersiap-siap berangkat. “Ati-ati ntar pulangnya kalo lewat sebelah situ. Pernah ada yang gantung diri,” lanjutnya menunjuk arah kami datang tadi.

Kaka mangap, lagi-lagi tercekat. “Jadi yang aman lewat mana?”

“Ummm .. Lewat mana ya? Mending lewat sini.”

“Aman?”

Tobias mengacungkan jempolnya. “Aman.”

Kaka mengelus dadanya. Lega.

“Paling ketemu tuyul doang,” lanjut Tobias santai sebelum berbalik. Berjalan menjauh sambil bersiul-siul meninggalkan Kaka yang terdiam kaku.

“Dia serius?” aku menanyai Jun penasaran.

Jun mengangkat bahu.

“Jun .. Lo kalo nyari temen yang agak normal dikit napa?” Kaka menoleh ke Jun begitu yakin Tobias sudah nggak ada.

“Tobias asik kok orangnya,” kata Jun sambil lalu.

Setelah agak ragu, Kaka akhirnya memutuskan untuk duduk di bangku panjang dekat Mbak Sun yang sedang membuat kue serabi. Sambil bolak-balik ngelirik punggung cewek itu, ngecek sapa tau bolong.

“Kamu udah jarang sms lagi,” Jun tiba-tiba bersuara.

Jun bukan sedang menanyaiku. Dia hanya menyatakan sesuatu. Menyuarakan pendapatnya.

Aku kaget dan bingung harus ngasih respon seperti apa. “Eh. Iya Jun.”

Topik harus dirubah.

“Aku nggak nyangka lho kamu ngajak beli serabi disini.”

“Emang kenapa?”

“Ya masa beli serabi di kuburan sih.”

“Aneh?”

“Iya aneh,” gumamku pelan.

Setelah diam beberapa saat aku memutuskan untuk melanjutkan lagi. “Kamu aneh Jun.”

“Aneh dalam arti yang bagus atau enggak nih?”

Aku nggak menjawab.

“Ke Kaka yuk,” aku berdiri dan menunjuk Kaka yang memandangku penuh arti, tanpa suara menyuruhku untuk menemaninya. “Serem juga lama-lama duduk di kuburan kayak gini.”

Jun juga berdiri. Aku baru akan berbalik tapi kakiku tersandung batu nisan. Aku akan terjatuh tapi dengan sigap Jun menangkapku, menarikku mendekat ke tubuhnya. Tangannya ada di bahuku, dan tangan yang satunya lagi memegang lenganku erat.

Untuk beberapa saat kami berdiri dengan sangat dekat. Wajah kami hanya berjarak beberapa sentimeter. Jun tidak bisa dibilang manis, dia tipe cowok jantan berwajah tampan. Tubuhnya juga wangi. Bukan wangi parfum atau cologne, melainkan segar dan bersih.

“Sabun,” gumamku.

Wajah Jun mengerut heran. “Sabun?”

Aku memandang Jun ngeri, nggak sadar sudah mengucapkan kata barusan. “Maksudku kamu habis mandi ya? Kamu bau sabun, wangi.” Aku tergagap sambil mundur, malu berat.

Jun terdiam sebelum mengangguk.

Lalu ia tersenyum. “Jadi kamu membaui aku ya?” katanya senang.

“Nggak sengaja Jun.”

“Nggak apa-apa kok. Tau nggak? Serigala sama anjing hutan juga suka membaui pasangannya.”

Sialan. Aku disamain ama serigala, lagian kamu bukan pasanganku Jun. Pikirku kesal tapi sempat gugup juga.

Wajah Jun mendadak mendekat, dan berhenti di leherku, aku dapat merasakan hembusan hangat nafasnya. Aku jadi merinding. Sedang apa dia?

“Kayu putih.”

“Hah?”

“Kamu bau minyak kayu putih,” kata Jun lugas.

Aku memang suka ngolesin minyak kayu putih di leher biar anget.

“Kamu membaui aku?” tanyaku setengah nggak percaya.

“Iya,” jawab Jun segera, sama sekali nggak berusaha membantah.

Kenapa dia bisa sesantai itu. Cowok satu ini benar-benar beda, unik.

Dia itu .. penuh kejutan.

“Kamu juga penuh kejutan,” kata Jun kemudian. “Tiba-tiba bilang suka.”

Tuh kan, dia bisa bikin aku kaget kapanpun, dimanapun, bahkan di kuburan sekalipun. Gimana caranya dia tau aku lagi mikir apa?

“Oh iya Jun soal itu. Aku mau ngomong.”

Jun menatapku. “Ya?”

Kamu bisa nggak ngelupain kalau aku pernah nembak kamu?

“Kamu .. Kamu bisa nggak ..” aku kesulitan melanjutkan kalimat yang sudah aku susun.

Jun menunggu dengan sabar.

“Bisa nggak .. Kamu ..” aku terdiam lagi.

“Hm?”

“Anu Jun .. nggg anu ..”

“Anu kenapa?” Jun jadi penasaran.

Setelah agak lama dia bergumam lagi, “Aku sudah bilang kan, aku akan ngajarin kamu.”

“Eh?”

“Aku akan ngajarin kamu cara biar aku suka sama kamu.”

“Iya .. Tapi ..”

Jun tersenyum, matanya berkilat senang. “Dan sepertinya aku sudah mulai suka lho.”

Aku langsung diam.

Angin malam yang berhembus membawa bau tanah kuburan yang apek.

Ya ampun. Kayaknya bakal makin susah aja nih bilang ke Jun.
 
 
 
Samudera


Ospek Fakultas MIPA bisa dibilang fun, bermakna dan tentu aja capek.

Semua diawali waktu Upacara Penerimaan yang juga dihadiri oleh petinggi universitas macam Rektor, Majelis Wali Amanat (WMA), dsb. Ada pejabat dari kalangan mahasiswa juga kayak si Rion, presiden mahasiswa periode itu. Keliatan beda banget dia berdiri di atas sana pakai jaket almamater yang warnanya mirip karung goni. Rambutnya disisir rapi, senyum terus mengembang diwajahnya. Benar-benar terlihat beda.

Dia kayak nggak terjangkau buat mahasiswa biasa kayak aku ini.

Perasaan bangga datang setelah secara resmi rektor menerima mahasiswa baru. Trus habis itu disajikan beragam pertujukan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Setelah itu, barisan mahasiswa baru yang berbaris berdasarkan fakultasnya pun bubar, tapi gak bubar pulang ke kosan, tapi kita digiring untuk persiapan ospek. Sebagai catatan ospeknya diadakan per fakultas, jadi ya gak semua fakultas ospeknya berat, yang mungkin agak ribet ya mungkin Engineering Faculty. Fakultas Teknik, habitatnya Kaka dan Liam. Kasian banget mereka, jadi jarang balik ke kost, aku aja masih sempet tuh bolak-balik pulang buat mandi ama ganti baju. Nah mereka? Tidur aja nggak tau dimana.

Tugas di ospekku ya standar ospek gitu lah. Aneh bin ajaib. Ngerepotin pula.

Tas dari karung gandum yang dikasih foto terbaru plus nama kelompok, buku berbentuk bola dunia yang ditempeli kertas kuarto warna-warni berbentuk peta Indonesia (bingung kan?! Aku aja bingung), buku hukuman berbentuk boneka, kalung dari rangkaian permen, dan lain-lain.

Yang bikin kesel mungkin buku hukuman-nya.

Buku satu itu boleh diisi sama para komdis, panitia, dan kakak pembina. Masing-masing maba punya satu buku. Dan maba yang bukunya ditulisin harus ngebersihin daftar hukumannya sehabis ospek nanti. Gimana cara ngebersihinnya? Ya dateng ke orang yang pernah nulisin bukunya itu, trus biasanya dikerjain dulu sebelum dimaafin, disuruh nari, nyanyi, ngerayu pohon dan kegiatan nggak jelas lainnya.

Tapi ya namanya juga ospek. Kadang ada aja komdis yang iseng nulisin buku hukuman adik-adiknya, padahal tu maba nggak salah apa-apa. Yang bukunya ditulisin cuma bisa ngutuk aja dalam hati.

Ospeknya tiga hari, dan sekarang sudah hari terakhir. Finally the last day.

Dan sialnya aku malah ketemu Rion.

Padahal kita beda fakultas, Rion anak Fisipol jadi dia ngurusin ospek anak-anak Fisipol dan jelas nggak bakal sempet dateng ke fakultas MIPA. Tapi hari itu Rion lari-lari dari jauh dan manggil aku yang sedang makan siang bareng temen sekelompok.

“Loh. Itu kan Rion,” kata Mbak Dewi, kakak pembina kelompokku.

Setelah Rion sampai, sambil ngos-ngosan dia berkata dengan jelas.

“Eh pinjem Sam-nya bentar dong.”

“Oh, monggoh mas,” sahut Mbak Dewi segera.

Rion membawaku ke seberang gedung, dibawah pohon gede yang enak buat ngadem.

“Ada apa?” tanyaku tanpa kalimat pembuka. “Ngapain kamu lari-lari? Nanti kamu sakit lag ..” aku terdiam, heran kenapa malah kuatir Rion bakal sakit lagi, dia kan dulu cuma bohongan sakitnya.

Aku mendengus dan mengulang kalimatku dengan sedikit lebih kasar, “Ada apa?”

“Sini, jangan gerak ya,” Rion meraih buku hukuman yang aku kalungin pakai tali rafia di leher dan mulai menulis disitu.

“Heh ngapain kamu?”

“Nulis.”

“Enak aja,” aku buru-buru menarik buku hukumanku. “Kamu kan bukan anak MIPA, jadi nggak bisa ya.”

Rion merebut lagi bukuku, karena buku itu masih terkalung di leherku aku jadi ikut ketarik, “Aku Presiden Mahasiswa, jadi bisa dong.”

Matanya mengerut kayak sedang konsentrasi waktu menulis, sesekali nyengir gak jelas.

“Nah udah,” gumamnya puas sambil menaruh pen ke sakunya.

Aku membaca apa yang ditulisnya. Dikolom nama dia menulis namanya, Rion. Lalu di kolom sebelahnya, tempat menulis alasan kenapa maba diberi hukuman, dia nulis ‘Karena mencuri’.

“Hah?” aku mendelik kaget membaca tulisannya, lalu berbisik pelan agar tidak kedengaran orang lain. “Kamu bilang kalau aku mau .. kalau aku mau jadi itumu ..“

“Jadi apa?” tanya Rion pura-pura bodoh.

“Jadi pacarmu,” balasku kesal. “Kamu kan janji nggak akan ngungkit masalah pencurian mobil lagi.”

“Loh ini bukan masalah mobil kok,” jawab Rion santai.

“Terus? Emangnya aku nyuri apa lagi?”

Rion menunjuk bibirnya. “My kiss.”

Aku melotot.

“Balikin dulu sini,” lanjut Rion lagi.

“Caranya?” balasku sengit.

“Cium lagi,” jawab Rion sambil memonyongkan bibirnya.

Aku langsung menempelkan buku hukuman di mukanya.

“Cium tuh.”

Rion buru-buru menjauh dan mengelap bibirnya.

“Aduh bibir gw, jangan kasar kenapa sih?” gerutunya kesal.

“Ini nggak bisa Rion,” aku protes menunjuk buku hukumanku.

“Eh manggil seniornya pake nama aja? Nggak pake Kak ato Mas?”

Aku mengernyit.

Okelah suka-suka dia aja, aku ngalah, bisa tambah menjadi-jadi kalo ditanggepin.

“Udah kan? Aku bisa balik sekarang?” tanyaku bosan.

Rion menggeleng. “Belum. Masih kangen, ntar dulu lah, kamu nggak kangen gitu?” balasnya dengan nada santai.

Aku mengernyit lagi. Dia masih saja dengan sikap sok akrabnya itu.

“Oke. Bye. Aku balik sekarang,” kataku sambil berbalik, tapi Rion dengan cepat menangkap tanganku, menahanku untuk nggak pergi.

“Smile Sam,” gumamnya pelan.

Aku senyum.

“Nih udah senyum kan? Sekarang udah boleh balik?”

“Gimana ospeknya? Capek nggak? Ada senior yang nargetin kamu nggak? Kalo ada, kamu bilang aja ya, ntar aku bantuin. Mereka disini nurut semua kok sama aku,” cerocos Rion mengabaikan pertanyaanku.

“Tapi tinggal sehari ini juga, abis ini asik deh acaranya,” lanjutnya lagi. “So. Gimana? So far have fun?”

Aku mendengus. “Yeah. Sejauh ini sih oke-oke aja. Asik ospeknya. Semuanya seru sampai akhirnya ketemu kamu.”

Rion mengerjap. “Eh, jadi sejauh ini seru terus gara-gara ketemu aku jadi tambah seru lagi gitu?”

“Enggak. Jadi nggak seru lagi.”

Rion cengengesan.

Orang-orang yang kebetulan lewat pada ngeliatin dia.

“Oh great. Yeah, that's clever, now they will all think I said something funny .. And we are sharing a private joke together .. Very clever ..”

“Smile Sam. Bayangin aja lo lagi maen sinetron, gw lawan maen lo,” Rion merangkulkan tangannya.

Sekarang dia mulai pake lo-gw lagi.

“Aku bukan aktor Rion. I’m not like you.”

“You’ll learn. Don’t worry,” katanya tersenyum lebar.

“Oh ya, ngomong-ngomong kalo sempet maen ke asramaku dong. Kamu belum pernah masuk ke kamarku kan?” lanjut Rion, mengusulkan seakan itu adalah ide bagus.

“Ngapain?”

“Ya maen aja.”

“Kenapa nggak kamu aja yang ke asramaku?”

Rion diam. Setelah agak lama dia meluruskan tangannya keatas, meregangkan ototnya sambil menarik napas dalam-dalam. “Gw nggak bisa masuk ke asramamu lagi Sam.”

Raut mukanya berubah, seperti sedang mengingat masa lalu, menerawang jauh.

Apa dia sedih?

“Oke. Nanti kalo nggak sibuk aku maen,” tanpa sempat berpikir aku menjawab. Aneh aja ngeliat Rion jadi melankolis gitu, jadi pengen bikin dia senyum lagi.

Rion langsung sumringah, matanya berbinar-binar bahagia.

“Serius? Eh, harus serius loh, nggak boleh ditarik lagi kata-katanya.”

“Iya serius. Sekarang aku balik dulu, makan siangku belum habis, masih laper.”

Rion mendorong punggungku. “Yaudah sana, cepetan makan.”

Aku menggeleng nggak percaya dan berjalan menjauhinya, menuju anak-anak kelompok ospekku yang lagi sibuk makan. Belum ada separuh jalan tiba-tiba Rion berteriak keras sekali, semua orang menoleh kearahnya.

“Sam. Aku tunggu loh di kost,” dia melambaikan tangannya dengan semangat sebelum berbalik dan kembali ke fakultasnya.

Aku mengeluh kesal. Sekarang semua bakal ngira aku akrab sama Rion.

“Udah kenal kamu sama Rion?” Mbak Dewi menanyaiku takjub.

“Iya. Kosnya deket kosanku,” jawabku sedikit benar.

Dia dan beberapa anak yang ikut mendengarkan ber-ooo ria.

Karena sekarang hari terakhir jadi pulangnya agak lamaan. Nah puncak acara ada disitu, acara terakhir, penutupan.

Sebelumnya, mata kami harus ditutup pake slayer. Aku pikir mau ada pembodohan, mau dikerjain lagi sama senior. Nggak taunya waktu dibuka, keliatan dari jauh ada banyak balon siap terbang. Nggak lama kemudian balon-balon warna biru dan merah dilepaskan ke langit biru disertai petasan yang mengeluarkan kertas warna-warni (nggak tau apa namanya).

Spontan letupan kegembiraan kami para maba meledak. Diiringi oleh marching band kampus yang tiba-tiba aja maen, pelataran KPTU mendadak ramai dan riuh menyambut kemenangan. Harris yang biasanya masang wajah galak saat itu juga ikut tertawa dan berteriak kencang.

Banyak air dicipratkan pula mewarnai kemenangan kami. Tidak hanya sampai situ, lagi-lagi marching band bikin kami terpukau. Anak-anak pada bengong, matanya melotot semua. Nggak tau deh terpana ama permainan marching band-nya atau takjub ngeliatin atraksi tarian bendera cewek-cewek berdandan menor yang kelewat atraktif.

“Pada pakai doping kali ya tuh cewek,” komentarku geli melihat cewek-cewek color guard berjingkrak-jingkrak heboh.

“Sebentar lagi pasti ngejungkel tuh. Masa sepatu bot gitu dibuat jejingkrakan sih,” sahut Harris geleng-geleng kepala. Tapi untungnya nggak ada yang ngejungkel, semua sukses dengan koreo masing-masing.

Yang ini emang bikin mangap dan nggak bakal bisa berhenti senyum.

Akhirnya selesai juga .. Dan jas almamater pun dibagikan .. Jas coklat muda agak-agak krem dikit ini (yang warnanya mirip karung goni) resmi aku sandang. Akhirnya resmilah aku jadi mahasiswa.

“♪♫ .. kuberjanji memenuhi panggilan bangsaku ♪♫ .. di dalam Pancasilamu jiwa seluruh nusaku ♪♫ .. kujunjung kebudayaanmu kejayaan Indonesia ♪♫ ..” (ini tuh lagunya kampus, lupa terusannya)
 
 
 
to be continued...
 
 

0 comments:

Post a Comment