DISCLAIMER:

This story is a work of fiction. Any resemblance to any person, place, or written works are purely coincidental. The author retains all rights to the work, and requests that in any use of this material that my rights are respected. Please do not copy or use this story in any manner without author's permission.

The story contains male to male love and some male to male sex scenes. You've found this blog like the rest of the readers so the assumption is that material of this nature does not offend you. If it does, or it is illegal for you to view this content for whatever the reason, please leave the page or continue your blog walking or blog passing or whatever it is called.



No Country For Gay Man chap 1

Gue mario (bukan nama sebenarnya). Yang jelas bukan mario maurer. Hanya mario. Kalo dibilang mirip, hhhmm, lu bisa mastiin sendiri besok kalo kita ketemu..

The school that never sleep .
Gue kuliah di univeritas jempolan di jogja. Meski gue gag suka akuntansi, tapi nyokap maksa gue buat milih akuntansi. Secara gue dulu sekolah di salah satu SMA terfavorit di jogja, SMA yang bisa dibilang semua anak-anaknya mempunyai kemampuan otak di atas rata-rata, jadi gue tembus dengan PMDK..

“Apa sih hebatnya akuntansi, Ma?”, tanya gue ke nyokap waktu dia maksa ikut buat nganterin gue masukin formulir pendaftaran.
Nyokap gue cuma diem.
“Ma?”, tanya gue lagi.
“Erghmm..”, supir gue yang dari tadi cuma diem berdehem ngingetin gue untuk tidak mengulang menekankan pertanyaan.
“Lihat keluarga..”, jawabnya singkat tanpa menoleh sedikitpun ke arah gue. Dan seketika itu juga gue paham apa yang nyokap gue maksudkan.

Gue berasal dari keluarga kaya. (Uuups, kalo gw bikin seperti ini ceritanya jadi klasik). Yup, gue berasal dari keluarga biasa-biasa aja. Tapi akan menjadi tidak biasa saat lu tahu di lingkungan apa lu dilahirkan dan dibesarkan di jogja. I’ll tell u in the next part.

Ok, cukup dengan ‘gue’. Sekarang beralih ke satu cowok di kampus yang bikin, urghhhh, u really wanna kill him in the first sight and in the first place. Just joke..Gue gag sekejam Ryan yang main bunuh-bunuhan. Gag enak ah main bunuh-bunuhan. Mending main sayang-sayangan.

Wicak. Ya.. wicak. The one that i hate so much. Kenapa? Karena sejak dari pertama gue masuk, dia lah orang pertama di hidup gue, orang pertama di kampus gue, kakak tingkat yang masuk kategori cakep yang pertama gue lihat, yang dengan lantang bilang...

“Lu kok kaya bencong sih..jadi cowok kok cantik”, katanya dengan tatapan menyelidik ke gue dari atas sampai bawah.
“What the fuck..!”, kata-kata itu langsung meluncur dari mulut gue seketika itu juga. Di hadapan dua ratusan anak-anak tingkat 1 jurusan gue yang lagi diospek.
“Apa lu bilang..?”, mata Wicak menatap tajam ke gue.

Suasana lapangan menjadi gempar. Bisik-bisik di belakang mulai terdengar.Gue cuma bisa menahan malu dari tatapan semua anak yang ngelihat ke arah gue. Mungkin mereka pikir, kok berani sih masih tingkat 1 udah ngomong gitu sama kakak tingkat. Pas ospek lagi. Haduh, pertanda 4 tahun bakal menderita deh. 4 tahun bakal dimusuhin sama kakak tingkat. 4 tahun bakal dijadikan public enemy. Dan...

Stop. Gue refleks. Jadi spontan gue bilang kaya gitu. Mana ada lah cowok yang tulus ikhlas dibilang ‘bencong’ walaupun dia bener-bener bencong. Gue bukan bencong. Jadi gue kagak mau dibilang bencong. Ok, gue akuin gue emang cowok cantik. Such a pretty boy (makanya gue pake nama Mario ‘maurer’. Hehehe). Laah, emang gue dilahirin kaya gini. Tapi gue kagak melambai!. Kagak ngondek! Menyebut seseorang dengan bencong sama aja dengan menyebut autis sebagai sebuah ejekan. Dan gue bener-bener gag suka.

“Sini, maju lu.!”, bentaknya nyuruh gue keluar dari barisan.
“Maaf, kak. Saya gag sengaja..”, gue berusaha buat tanggap dengan kondisi di sekitar gue.
“Mulut tu dijaga. Baru hari pertama masuk udah cari masalah. Mau ribut lu? Dasar, bencong!”

Anj***!. Pengen gue tonjok ni orang sekarang juga. Dengan seenak wudelnya sendiri dia teriak lagi di depan banyak orang yang notabene bakal jadi temen gue. Anjriiit!. Tapi gue pikir, daripada masalah jadi panjang dan bakal jadi panjang sampai gue 4 tahun di sini, mending gue diem.

“Wicaaak..”, seseorang berseru dan berlari menuju tempat kami. Gue sempet terpana ngelihatnya. Dua kata yang ada di pikiran gue waktu itu. Ibnu Jamil? (bukan Saiful jamil). Hehe. Bener2 mirip dah.
“Ada apa, mas?”, tanya Wicak kepada cowok itu.
Ooh, jadi cowok resek ini namanya Wicak..
“Seharusnya gue yang tanya ada apa? Kok anak-anak pada dibiarin gag dikasih pengarahan?”, kata cowok yang sepertinya lebih senior itu dengan halus.
“Iya mas, ini baru mau dikasih pengarahan. Ada anak yang bandel nih..”, Wicak melihat sekilas ke arah gue. Lirikannya menusuk hati. Gue cuma bisa nunduk dan membuang muka.

Wicak. Tingginya mungkin sekitar 175-an. Kulitnya putih, tatapan matanya.. eagle eyes. Rambutnya semi spike mohawk. Hoho. Tapi kalo resek, ya tetep aja resek. Dan yang jelas, gue udah illfil.

“Udah, gag pa pa. Baru hari pertama, jadi wajar kalo belum tahu apa-apa”, kata cowok itu sambil ngelihat ke gue.
“Namamu siapa?”, tanya cowok itu.
“Mario, kak”, gue masih belum berani buat ngelihat ke arah Wicak.
“Oh, yaudah. Sekarang balik aja ke barisanmu.”, kata si Ibnu Jamil.
“Makasih, kak”, gue langsung balik badan, ambil langkah seribu dan balik ke barisan gue. Tapi sebelumnya gue sempet ngelihat nama di nametag jasnya. Hendy. Such a beautifull name i think.
”Wicak, lu ikut gue!. Ada yang perlu kita rapatin di BEM. Pak dekan belum mau tanda tangan..”, kata Hendy.
“Tapi, ini..?”, tanya Wicak.
“Udah, serahin aja ke Nina. Lu bisa kan, Nin?”
“Siip, ndan!”, kata Nina sambil berdiri dari duduknya. Cewek yang dari tadi gue perhatiin cuma duduk di pojokan lapangan sambil baca komik. Baca komik hentai kali ya. Emang gag jelas ni cewek. Tapi, cantik juga sih.

Dan hari pertama ospek gue jalanin dengan lancar. Kenalan sama temen-temen baru. Udah ada yang bisa mulai diajak akrab.Ketemu cewek-cewek cantik yang masih fresh graduate. Pokoknya seneng rasanya bisa ninggalin bangku SMA dan mulai kuliah. Dari siswa jadi mahasiswa. Meski mesti berpisah sama temen-temen lama yang sekarang pada kuliah melanglang buana. Ada yang masih di Indonesia, Australia, bahkan ke USA. Sayang, meski otak sama-sama cerdas, tapi kantong gue tak setebal kantong mereka. Paling gag, tidak untuk saat ini..

Tapi, ini baru hari pertama. Yang hanya sebuah prolog dari hari-hari berikutnya.

**************************************************************************

Haah, hari pertama kuliah.
Gue udah pikir apa yang akan terjadi nanti. Sedikit kegemparan di kelas karena tingkah gue minggu lalu waktu ospek dan kehebohan lain yang akan menyertainya. Hari pertama kuliah memang tak pernah menyenangkan buat gue. Sama seperti hari pertama saat masuk SD, SMP, atau SMA gue dulu. Kejadian yang sama dan hal yang sama akan gue lakukan. Memakai topeng. Ya, memakai topeng. Denial..

Seperti biasa, hari pertama kuliah dosen pasti tak mungkin datang. Ups, jangan salah. Tidak di kampus ini. Kemarin waktu ospek temen-temen gue bilang kalo dosen yang dipilihkan buat kelas gue adalah dosen-dosen yahud. Gue bisa lihat dari kertas jadwal kuliah gue, gelar-gelar yang bertengger baik di belakang maupun di depan nama-nama pengampu mata kuliahnya. Dalam istilah akademis, nyaris tanpa cela.

“Udah sampe, Den..”, kata-kata supir gue menyadarkan lamunan gue.
“Iya, kang..”, gue masih males buat turun dari mobil.
“Nanti mau dijemput jam berapa, Den?”, tanyanya.
“Gag usah, nanti biar naik angkutan..”jawab gue sekenanya.
“Nanti saya dimarahin Ibu, Den..”, kata kang Tugiman was-was.

Kang Tugiman adalah supir keluarga gue. Dia selalu menaati perintah nyokap. Dan gag pernah sekalipun berani ngebantah. Pernah dia mesti ninggalin istrinya yang mau ngelahirin karena nyokap minta dia nganterin gue les piano. Buset dah. Gue masih inget gimana raut mukanya waktu itu. Bukannya nyokap gue orang yang tega’an. Tapi dasarnya kang Tugiman tipe orang yang gag mau cerita kalo gag ditanya duluan.

“Yaudah, nanti aku sms, kang..”, jawab gue singkat dan segera turun dari mobil.

Gue tahu sifat nyokap. Dari a-z. Apakah hue tahu persis karena gue anaknya?? Bukan. Lebih tepatnya gue tahu persis karena gue emang harus tahu dan sadar.

Memasuki gerbang kampus, gue jadi tambah males buat ke kelas.Yang seharusnya gue bisa bangun agak siangan tadi karena semaleman begadang nonton Law Abiding Citizen, eh, gue mesti bangun subuh-subuh. Kalo kagak, bisa diceramahin nyokap sampe siang.

Sampai di kelas, gue lihat kelas gue udah rame. Biasa, hari pertama kuliah anak-anak baru pasti masih sedikit merasakan euforia ospek kemarin.

“Rioo, sini..!”, gue denger ada yang manggil nama gue dari belakang.
“Hey, Rin..”, jawab gue.
“Duduk sini.! Udah kita boking nih buat lu..”, kata Adi menimpali.

Rini dan Adi. Kita emang sempet akrab kemarin pas ospek setelah tau kalo kita sekelas. Rini dulu sekolah di salah satu SMK negeri ternama di jogja. Karena dia nyadar kalo lulusan SMK bakalan cuma jadi mbak-mbak indomaret atau alfamidi kalo gag nerusin kuliah. Makanya dia mutusin buat nerusin kuliah meski ekonomi keluarganya pas-pasan.

“Minimal jangan jadi mbak-mbaknya. Gue pengen jadi GM nya..”, jawabnya waktu kita ledekin soal job anak SMK di minimarket itu.

Rini cukup cantik sih, untuk ukuran tipe dia. Perawakannya sedang. Rambutnya lurus. Mukanya biasa-biasa aja, tapi lesung pipitnya.. mana tahan bo’. Hehehe.

Adi, hmmm, ni anak sebenernya cakep juga. Tapi item. Jadi.. item manis. Asalnya juga dari jogja. Lebih tepatnya dari pinggiran jogja. Sebuah kota kecil ibukota kabupaten. Yang paling menarik dari Adi adalah pembawaannya yang berwibawa. Gag tau ya, apakah dari orok dia udah kaya gitu. Karena biasanya, ke’wibawaan’ tu merupakan sifat ’bawaan’. Namanya hampir mirip kan. Hehehe.

“Ok..”, jawab gue dan langsung duduk di depan Adi.

Gue sebenernya males buat duduk belakang. Kesannya gue gag bisa nangkep dengan jelas apa yang bakal diterangin dosen ntar. Tapi buat temen lah... Remember, we need to socialized.

“Eh, lu belum cerita kemarin soal lu. Cerita dong.! Gag adil kan kalo cuma kita yang cerita ke lu..”, pinta Rini sedikit memelas di depan gue.

Ya, kemarin emang kita sempet cerita-cerita soal sekolah kita dulu. Asal dari mana, sekarang ngekos dimana, sampai mau jadi apa kita besok. Hehe. Tapi gue emang belum sempet cerita ke mereka.

“Ntar aja deh pas di kantin..”, jawab gue.
“Hoy, dosen udah datang tuh..”, kata Adi ngingetin.
Gue gag sadar kalo dosen udah masuk dan duduk manis di tempatnya.
“Kapan masuknya tuh emak-emak?”, tanya gue sambil mbenahin posisi duduk ngadep ke depan.
“Dari tadi kali. Lu sih ngadep ke belakang mulu..”, kata Adi cengar-cengir.
“Yeee..”, jawab gue singkat.

Emak-emak itu mulai berdiri. Semua mahasiswa memperhatikan dia dengan seksama. Bak selebritis dia berjalan ke pintu dan menutupnya. Mukanya yang kisut dan kacamatanya yang tebal menandakan betapa berat hidupnya melahap buku-buku Warren&Reeves setiap harinya.

“Erghmm, selamat pagi rekan-rekan sekalian..”, serunya.

Et dah, baru kali ini gue dipanggil ‘rekan-rekan’.! Dari SD sampai SMA sebutan gue adalah ‘anak-anak’. Ada apa ini. Apa gue udah mengalami penuaan dini?

“Kenalkan saya Ibu Syarifah Kusmiati. Panggil saja saya Bu Ifah. Di kelas kalian saya akan mengampu mata kuliah Pengantar Akuntansi...”, lanjutnya.

Basa-basi pun terus berlanjut. Sampai akhirnya tiba waktunya absensi mahasiswa.

Abjad A terlewati, B, C, D, E, F, G, H, I, kagak ada J, K, L, dan sampailah ke M.

“Mario Suryokusumo..”, matanya melihat mencari-cari dimana posisi gue.
“Hadir, bu..”, jawab gue singkat. Dan gue tahu apa yang akan dia tanyakan berikutnya.
“Suryokusumo..?”, tanyanya memastikan.
“Iya, bu..”, jawab gue lemah.
“Pak Suryokusumo yang itu..?”, tanyanya mendelik ke arah gue.
“Yang mana bu.. saya Suryokusumo yang lain.”, jawab gue dengan sedikit tertawa terbahak.

Ya, pura-pura terbahak. Dan mulailah penyangkalan gue.

“Ooohh..”, jawabnya panjang dengan sedikit kekecewaan.
“Siapa sih Suryokusumo?”, tanya Adi berbisik ke gue.

Belum sempet gue jawab, Rini udah mulai nyerocos duluan.

“Iih, emang dasar bopung ya lu, Di.! Pak Suryokusumo itu yang punya Plaza X dan Hotel X. Dan bisnis-bisnis mega proyek lain. Pokoknya dewa deh..”, terang Rini dengan otak bisepnya.
“Emang gue bopung. Tapi cakep kaan..”, jawab Adi dengan sedikit senyum nakal ke Rini.
“Najis dah..”, Rini menimpali.

Suryokusumo. Eyang Suryokusumo. Eyangkung gue. Bokap dari almarhum bokap gue.
Kenapa gue menyangkal??
1. Gue gag mau orang ngelihat gue dari siapa keluarga gue.
Seperti kalo lu ngerasa lu anaknya si Bakrie atau Ciputra dan ada embel-embel nama itu di belakang lu. Itu bukan suatu kebanggan buat gue (Gag tau kalo buat Paris or Drina dan sodara-sodaranya_red). Karena dengan begitu orang cenderung tidak akan melihat kita dari kemampuan kita. Tapi dari nama keluarga kita yang akan identik dengan materi yang kita punya.
2. Gue gag merasa sebagai cucu dari Suryokusumo.
Almarhum bokap gue adalah anak ke 5 dari 5 bersodara. Bokap gue cerai sama nyokap pas gue umur 1 tahun. Kawin lagi sama orang keraton dan punya 2 anak. Pas gue umur 4 tahun, bokap meninggal. Emang dasarnya dulu eyang gag setuju bokap gue kawin sama nyokap yang aktivis perempuan. Terlebih lagi, nyokap bukan dari kalangan you named it ‘sosialita’. Eyang gue bukan dari keluarga kaya. Keluarga miskin malah. Bukan keluarga ningrat, apalagi orang keraton. Cuma kata nyokap, dia emang pekerja keras. Uang membutakan segalanya. Dan kekuasaanlah yang dicari banyak pria.
Setelah cerai, gue sama nyokap keluar dari kompleks Suryokusumo. Kenapa kompleks? Ya, seperti kompleks Kalla di Makassar yang punya mantan orang no. 2 di republik ini, Eyang gue juga punya kompleks sendiri. Namanya juga..oOrang kaya. Dan setelah bokap gue meninggal, jatah asset bokap gue dikuasai sama istrinya. Gue sama nyokap? Tendang jauh-jauh. Sodara-sodara bokap?? Emang ada yang mau peduli? Sekali lagi kawan, uang membutakan segalanya.
Sekarang tinggal kematian Eyang harapan gue dan nyokap. Karena itu nyokap maksa gue ngambil akuntansi. Kenapa gag bisnis atau manajemen?? Waktu gue tanya itu, nyokap hanya tersenyum sinis. Senyuman khas politikus.

Dan gue, terlanjur memakai nama Suryokusumo di akta kelahiran gue.

Kuliahpun selesai. Hari ini cuma satu mata kuliah doang dari Bu Ifah. Biarpun cuma diisi basa-basi dan nerangin buku apa aja yang bakal dia pake, cukup melelahkan buat gue. Habis ini gue mau langsung pulang dan ngelanjutin tepar di kamar yang sempat tertunda. Gue emang hobi tidur.

“Rin, Di, gue pulang duluan ya. Ngantuk banget nih. Semalem begadang. Ngobrol di kantinnya besok aja ya..”, pinta gue ke Rini dan Adi.
“Ok. Oiy, kita besok boleh main-main ke rumah lu kan? Kasian ni si buluk anak kosan..”, kata Rini sambil ngelirik Adi.
“Kampret lu, Rin..”, timpal Adi.
“So pasti lah. Tapi weekend aja ya. Sekalian jalan ke mall. Adi kan jarang ke mall..,” jawab gue sambil cengar-cengir ke Adi.
“Awas ya lu berdua. Gua bales ntar..”, sungut Adi.

Gue melangkahkan kaki ke luar kelas. Sambil sms kang Tugiman buat jemput gue di jalan tadi. Gue ogah kalo diturunin atau dijemput di depan gerbang. Entah, gue ngerasa malu aja. Mobil bukan mobil gue. Cuma mobil nyokap gue yang dipake buat nganter gue.

“Eh, itu tuh..”, ada orang yang manggil-manggil dari depan.
“Hoii, bencong cantik.! Kalo jalan jangan sambil smsan, ntar jatuh lecet dah tuh badan. Hahaha ..”, teriak seseorang di antara mereka.

Kepala gue yang sedari tadi ngeliatin hp langsung mendongak ke depan. Dan gue tau siapa yang tadi berteriak lantang. Ya, di antara mereka, Wicak..

Gue cepat-cepat memalingkan wajah dan berusaha tidak mencari masalah. Ingat Rio, lu sendirian dan mereka gerombolan. Lu masih junior dan mereka senior. Gue pura-pura tidak mendengar dan mengambil langkah setengah berlari keluar gerbang. Yang gue denger cuma gelak tawa mereka dan siulan-siulan panjang. Meskipun gag ngelihat, gue tahu, itu siulan Wicak.

“Anj***..!”, gue mengumpat pelan dan tangan gue keras mengepal.

***************************************************************************

Sampe rumah, nyokap belum pulang dari kantor. Kata mbok Darmi, nyokap ada rapat Panja di kantor. Gue langsung ke kamar, teparr. Bukan karena gue ngantuk atau capek. Tapi karena gue pengen nenangin pikiran akibat kejadian tadi. Kok dia bisa ada di kampus gue? Apa kita satu jurusan? Apa sih mau tu anak? Gue gag pernah ada masalah. Gue gag pernah cari ribut. Pasti dia cuma cowok yang merasa kurang cowok samapai harus mencewekkan cowok lain biar merasa cowok. Gue berusaha buat nenangin perasaan gue sendiri. Toh, gue gag salah. Dia yang cari masalah.
Dan gue pun tertidur.


“Yo, ntar habis selesai kelas kita jalan-jalan ke mall yuk bareng2. Kan kmrin lu udah bilang mau jalan2 ma kita..”, pinta Rini di tengah-tengah kuliah manajemen.
“oh, iya..”, jawab gue. ”Ajakin Adi juga tuh..”
“Yaah, dia mah gag diajakin juga bakal ngikut..”, ledek Rini.
“Yee, emang lu yang kalo makan di warung sampe pake masuk-masuk ke dapurnya..”, balas Adi.
“Eh, dasar lu ya..!”, bentak Rini.

Haha, kemarin waktu kita makan siang sama-sama, Rini sempat parno ngelihat kondisi warung tempat kita makan. Dia langsung ngecek bagian dapurnya buat mastiin kebersihannya. Waktu kita tanya kenapa dia sampai parnoan kaya gitu, dia bilang, “Gue dulu pernah makan di warung bakso. Dan pas gue ngelihat abangnya ngaduk kuah di pancinya, gue kaget, ada cawetnya. Dan sejak itu gue selalu was-was”. Buset dah..

Selesai kuliah kita langsung menuju ke Mall M. Rini sempet minta kita ke Plaza X yang lebih gede. Tapi gue nolak mentah-mentah dengan alasan lebih deketan ke Mall M. Sebenernya gue gag mau mereka nanti tau kalo gue ada hubungan sama yang punya Plaza itu. Karena sebagian besar dari pegawainya tahu siapa gue.

“Kita makan di Hokben aja yuk, ambil tempat duduk luar. Biar bisa sekalian cuci mata”, kata Rini setelah kita selesai muter-muter di mall.
“Iiih, dasar gatel. Mata sepet dikit udah minta yg indah-indah..”, ledek Adi.
“Apaan sih lu..!”, balas Rini dengan mata melotot dan mencubit Adi.
“Yo, lu kok diem aja sih..?”, tanya Rini. ”Ada yang lagi lu pikirin?”, lanjutnya.

Gue sedikit tersentak. Dari tadi gue emang agak diem. Gag seperti biasanya. Gue masih keinget kejadian tadi pagi di rumah. Gue ngelihat nyokap nangis di kamarnya. Gue gag tahu kenapa.

“Gag”, jawab gue ngalihin perhatian mereka. ”Gue cuma lagi mikir aja, tadi kuliah manajemen yang diomongin apaan sih? Kagak ada yang nyantol di kepala. Hehe..”, lanjut gue.

Gue di SMA dulu ambil IPA. Jadi emang agak cultural shock juga waktu mesti ngambil akuntansi yang basicnya IPS sesuai permintaan nyokap. Sebenernya gue lebih prefer ambil kedokteran.

“Lu kaya’nya mesti privat deh ma gue, Yo..”, jawab Rini.
“Yee, tu kan belum apa-apa udah kumat gatel lu..”, tukas Adi sambil mencibir ke Rini.
“Anjrit lu ya. Mulut lu gue sate ntar..”.

Dari kejauhan gue melihat seseorang mendekat ke arah kita. Dan sepetinya gue kenal... Haah, mas Hendy.

“Hai, Rin..”, sapanya.
“Eh, mas Hendy. Darimana, mas?”, tanya rini.
“Dari gramed. Cari buku buat mata kuliah forensik. Lagi pada makan kok gag ngajak-ngajak sih?”, jawabnya.
“Oh iya, sini duduk, mas. Kenalin mas, yang bening ini namanya Mario. Dan yang butek itu namanya Adi..”, kata Rini sambil melirik ke Adi.
Adi cuma diem. Tumben Adi gag ngebales ngeledekin Rini, batin gue.
“Kenalin saya hendy, sepupunya Rini..”
“Sepupu?”, tanya Adi kaya orang bego.
“Jadi mas Hendy ini anak sulungnya tanteku. Kalian udah tahu kan kalo dia presma kita..”, kata Rini sambil minum teh botolnya.

Ya, Rini memang sempet cerita kalo Hendy itu presma BEM. Hendy Hendarto. Anak kedokteran tingkat 4. Tapi Rini gag cerita kalo hendy yang ganteng ini sodaranya a.k.a sepupunya.

“Oya, kalian tertarik ikut magang BEM? Sebentar lagi ada Open Recruitmentnya lho..”, kata Hendy tiba-tiba.
“Ada bagian olahraganya gag, mas?”, tanya gue ke Hendy.
“Depora maksudmu?”, tanyanya memastikan.
“Iya, mas.”
“Ada. Kamu daftar aja..”’ pintanya.
“Lihat ntar deh, mas. Masih labil sama akuntansi nih. Hehe..”, jawab gue.
“Ada bagian musiknya gag, mas?”, tanya Adi.
“Emang lu bisa nyanyi.? Suara aja cempreng..”, ledek Rini.
“Lu tuh ya..!”, Adi mulai geram.
“Iya, ada. Kan Depsenbud bukan cuma buat yang paham seni, Rin. Tapi juga yang minat seni..”, terang Hendy bijaksana.

Hendy. Pembawaannya, tutur katanya...
Dia...charming.


Malem itu di kamar gue mutusin buat daftar magang Depora BEM. Gue dulu ikut OSIS di SMA dan ngambil bidang keolahragaan. Apa yang gue urusi?? Aikido. Ya, gue jago aikido. Dari kecil nyokap emang udah masukin gue ikut les piano dan aikido. Kata nyokap, cewek itu suka cowok yang pinter main musik dan jadi cowok itu harus tangguh, tidak boleh tanggung..
Tapi kali ini gue mau mencoba out of the box. Gue pengen ngurusin UKM renangnya. Biar bisa ngelihat body-body bohay tiap harinya. Iiih, nakal.!


Hari wawancara pun tiba. Gue udah siap-siap dari rumah. Mengira-ngira apa yang bakal ditanyain nanti dan jawaban apa yang akan gue berikan. Teringat omongan Adi semalem..

“Yo, gue nerpes nih. Besok kalo gue ditanya kagak tau jawabannya gimana? Trus kalo gue tahu jawabannya tapi kagak bisa jawabnya gimana? Trus kalo gue keluar keringet dingin dan ketauan gugupnya gimana? Trus kalo gue malah kebelet pipis gimana?”, berondong pertanyaan Adi ke gue.
“Gampang. Tinggal lu jawab aja semuanya dengan bilang, ‘kak, saya nerpes’. Hehehe..”, jawab gue asal.
“Ah, lu ah.. jadi temen gitu..”, rengek Adi.
“Tenang aja, yang penting pikiran lu santai..”, jawaban ideal dari gue.

Sesampainya di fakultas kedokteran kita sempet bingung nyari dimana tempat wawancaranya. Hedeuh, kenapa sih mesti di sini. Mana bangunannya gede banget. Haah, baru magang aja udah susah gini. Belum jadi BEM nya... Bener-bener beda sama jaman SMA.

“Itu tuh, Yo, tempatnya. Gedung D kan..”, kata Adi ke gue.
“Oh iya. Lu udah siap kan, Di. Lu udah mandi?”, ledek gue.
“Apaan sih lu..! ini bukan waktunya becandaan tau.!”
“Iye-iye. Santai aja napa. Udah lu cari ruangan lu sekarang..!”, jawab gue datar sambil ngelihat dimana ruang wawancara buat Depora. Karena kemarin gue udah isi form pendaftarannya online.

“Mario Suryokusumo..”, panggil seseorang dari dalam ruangan.

Deg-degan juga nih. Wawancara pertama gue sepanjang karir kebinalan gue menuntut ilmu. Akhirnya gue melangkahkan kaki masuk ruangan itu. AC nya dingin banget. Bulu kuduk gue sampai merinding. Dan sesuatu yang mengejutkan ada di depan mata kepala gue, gue ngelihat.. Wicak.

“Langsung ke mbak yang di pojok itu ya..!”, perintahnya.
Haaah, untung bukan wicak yang ngewawancara gue. Akhirnya gue melangkah masuk. Dan gue tahu wicak ngelihat ke arah gue. Tapi dia sedang ngewawancara orang lain, jadi gag mungkin dia bertingkah.

“Met pagi, mbak..”, sapa gue ke dia.
“Pagi.. Mario Suryokusumo ya? Bisa kita mulai wawancaranya?”
“Iya, mbak..”, jawab gue singkat nahan grogi.
“Ok, pertama-tama perkenalkan diri kamu dulu..”, pintanya.
“Ehmm. Nama saya Mar...”

Belum sempet gue nerusin udah ada seseorang yang ngomong dari belakang gue.

“Dik Fat, biar saya saja yang wawancara. Gag enak kan kalo cewek yang ngewawancara cowok..”
“Oh, iya mas. Silahkan..”

Gue noleh ke belakang. Dan whaaaaattt. Wicak. oh God, please kill me.!
Wicak langsung duduk di depan gue. Gue Cuma berani nunduk. Untung di antara kami masih dibatasi meja. Jadi kaki gue yang dari tadi gemetaran kagak kelihatan.

“Hey, cantik. Si mario maurer..”, tuturnya pelan dengan nada yang gue rasa terkesan amat merendahkan. Senyum sinis tersungging di bibirnya.
“Kok diem..? Malu-malu nih? Atau AC nya terlalu dingin ya?”, lanjutnya.

Makin najis gue dengar kata-katanya. Pelan-pelan gue tatap mukanya Wicak. Dan gue kumpulin keberanian buat mulai pembicaraan dengan dia. Dia harus tahu, gue juga bisa speak up.

“Tolong profesional..”, jawab gue.

Sumpah, butuh keberanian ekstra cuma buat ngomong dua kata itu ke dia. Dia pun sepertinya tanggap dengan apa yang gue omongin dan di situasi apa dia berhadapan dengan gue sekarang.

“Ok. Kenalin diri lu..”, perintahnya.

Et dah. Kata ‘lu’ tidak seharusnya dipake untuk mewawancara seseorang seperti ini. Bejat ni orang. Ok, siapa takut.

“Gue Mario. Gue....”.

Dan perkenalan basa-basi pun gue lakoni. Pertanyaan A, B, C, dst gue jawab dengan baik sesuai yang gue rencanain semalem.

“Ok. Kenapa lu milih Depora?”, tanya Wicak

Karena ingin menambah pengalaman. Klasik. Gue gag akan pake jawaban itu.

“Gue pengen merdeka..”, jawab gue singkat.
“Maksud lu..??”, tanyanya ingin tahu.
“Gue pengen keluar dari rutinitas gue. Dan menurut gue, olahraga, khususnya renang, adalah pilihan buat memerdekakan diri gue”, jawab gue sekenanya.
“Jadi merdeka yang lu inginkan cuma bisa lewat olahraga??”, tegasnya.
“Salah satunya. Merdeka yang gue maksudkan di sini maknanya universal..”, terang gue tambah ngasal.
“Termasuk merdeka dalam mencintai??”
“Bisa jadi..”, jawab gue cuek.

Wicak kemudian diam sebentar.

“Gimana kalo cowok mencintai sesama cowok??”, tanyanya dengan tatapan tajam ke arah gue.

Apa-apaan nih.. that’s out of the topic. Pertanyaannya aneh dan tendensius.

“Yaaaang, ayooo..!”, tiba-tiba di belakang gue udah ada seorang cewek yang berdiri memanggil Wicak.
“Katanya mau main ke rumah..”, lanjutnya.

Gue menoleh ke belakang. Nina?? Hmmm??

“Eh, kamu Mario kan?”, tanyanya ke gue.
“Yang kamu kerjain itu kan, beib?”, tanya Nina ke Wicak. Wicak kelihatan salah tingkah di depan gue. Brengsek lu Wicak.! Ternyata dulu itu lu ngerjain gue. Sialan.

“Iih, kamu cakep juga ternyata ya. Cute..”, kata Nina sambil memerhatikanku dengan gaya detektif mesum.

Apa-apaan sih ni cewek. SKSD banget.

“Yaudah, wawancara lu cukup..”, kata Wicak singkat.

Wicak pun kemudian melenggang pergi.

“Daaa, cakep.. hehe”, Nina melambaikan tangannya padaku menyusul Wicak.

Ooh, jadi selama ini mereka pacaran. Panteslah.. Wicak yang lumayan dan Nina yang cantik serta lemah lembut.

Damn.

to be continued

0 comments:

Post a Comment