DISCLAIMER:

This story is a work of fiction. Any resemblance to any person, place, or written works are purely coincidental. The author retains all rights to the work, and requests that in any use of this material that my rights are respected. Please do not copy or use this story in any manner without author's permission.

The story contains male to male love and some male to male sex scenes. You've found this blog like the rest of the readers so the assumption is that material of this nature does not offend you. If it does, or it is illegal for you to view this content for whatever the reason, please leave the page or continue your blog walking or blog passing or whatever it is called.



No Country For Gay Man chap 3

Dan mobil terus berjalan dalam kesunyian malam sepanjang jalan rotowijayan...

*******************************************************************************

“Kok berhenti?”, tanya gue.

Tiba-tiba Wicak ngehentiin mobilnya gitu aja di pinggir jalan.

“Gue mau masuk dulu. Lu tunggu bentar..”, jawabnya singkat tanpa ngelihat ke gue dan langsung keluar dari mobil.

Dan Wicak berlari masuk ke satu pintu gerbang di pinggir jalan. Mungkin itu rumahnya. Tapi rumahnya gag kelihatan kaya’ apa. Yang kelihatan dari jalan cuma tembok beteng putih tinggi ama gerbang kayu itu. Dari kejauhan gue ngelihat keraton sama alun-alun. Dan gue mulai mengkhayal, if im the one of the prince of that palace. Haha, pasti gue yang gantiin Ngarso Dalem.
But well, kita lihat saja nanti setelah Ngarso Dalem mangkat. My quintet britney spears? lewat...
Hehe..

“Den, udah malem mau kemana lagi. Nanti ditanyain bapak.”, teriak seseorang dari luar.

Gue noleh ke jendela mobil. Gue lihat Wicak udah keluar dari rumahnya, diikutin sama mas-mas di belakangnya. Pembokatnya mungkin. Wicak masih make baju yang tadi. Ternyata dia Cuma naruh tas nya doang tadi.

”Bentar. Nganter temen doang. Jangan dikunci dulu pintunya ya, mas..”, sahut Wicak sambil menuju ke mobil.

Gue ngelihat si mas-mas di belakang yang cuma bisa pasrah. Kasian banget mukanya. Sama kaya’ muka kang Tugiman kalo gue lagi kagak mau diatur.

“Sory, lama..”, kata Wicak waktu masuk ke dalam mobil, masih tanpa berani ngelihat gue.

“Lu udah tau rumah gue?”

Akhirnya gue beraniin buat mulai tanya duluan. daripada kagak jelas gini mau di bawa kemana gue..

“Hmm..”, jawabnya singkat dan langsung ngidupin mobil.

Haaah? Dia udah tau rumah gue? Buset dah. Beribu pertanyaan menari-nari di kepala gue.

“Cendana-1 kan. Gue sering lewat depan rumah lu kalo nganter nyokap gue belanja. Dan waktu itu gue ngelihat lu masuk ke rumah lu. Jadi gue tau rumah lu..”, jelasnya ngejawab kegalauan pikiran gue.”

“Ooh..”,

Gue gag tau mesti ngomong apalagi selain bilang ‘ooh’.. Ngebayangin kejadian tadi. Ngelihat mukanya yang sekarang lebam-lebam biru. Duduk di mobil sama dia tanpa banyak kata-kata. I’m so speechless.

“Lu mau mampir makan dulu?”, tanyanya ngagetin gue.

“Jam segini? Bukannya lu tadi disuruh pulang cepat. Lagian jam segini mau makan dimana?”

Jawab gue panjang karena emang udah malem banget, jam 01.00 sodara-sodara. Dan kalo di jogja jam segitu udah waktunya dedemit yang gantian nongkrong.

“Di warung gudeg langganan gue. Jam segini masih buka. Gue yang traktir. Gimana?”

Gue tahu, dia pasti laper. Secara habis main basket, ditambah berantem sama gue. Tenaganya pasti kekuras habis. Dan gue nya juga laper sih.

“OK ... Tapi kita ke apotik dulu”, jawab gue

“Ngapain?”, tanyanya heran.

“Beli obat.”, jawab gue singkat dan dia gag tanya lagi.

Ya iya lah ke apotik beli obat. Gokil banget jawaban gue waktu itu. Gue pengen beli obat merah sama gel penghilang memar yang biasa dibeliin nyokap kalo gue lebam-lebam habis aikido. Biasanya besoknya lebamnya langsung hilang. Buat apa? Buat Wicak. Gue kasian ngelihat hasil perbuatan gue ke dia. OK lah, gue juga lecet, tapi gag sebanyak lebam di mukanya.

“Di sini?”, tanyanya sambil menghentikan mobil di depan salah satu apotik.

“Ya, lu tunggu bentar ya..”

“Gue ikut..”, ujarnya yang gag gue jawab. Dan gue langsung ngeloyor keluar mobil.

Kita pun masuk ke apotik. Mbak-mbak apoteker langsung mendekat nanyain apa yang gue mau beli.

“Betadine sama gel X, mbak.. sama kapasnya juga”, kata gue ke mbak apoteker.

Gue ngelirik ke Wicak. Dia senyum. Oh, My goddess. Senyumnya manis banget.

“Buat gue?”, tanyanya.

“Hmm..”, jawab gue singkat tanpa berani ngelirik ke wicak lagi.

Setelah selesai di apotik, kita balik ke mobil buat nyari tempat makan yang dimaksud Wicak tadi.

****************************************************************************

“Pakein ke gue dong..”, kata Wicak sambil terus nyetir.

“Apaan..?”, tanya gue bingung.

“Yang lu beli itu..”

“Haah? Pake sendiri lah..”, jawab gue. Dan sumpah, waktu itu gue kaya’nya sedikit gagap bilangnya. Saking gugupnya.

“Gue kan nyetir..”, jawabnya polos.

“Ya ntar aja kalo udah sampe disana lu makenya..”

“Gue kirain lu orang yang bertanggungjawab sama perbuatan lu. Kan lu tadi yang banyak nonjokin gue. Jadi lu mesti bertanggungjwab lah. Orang cuma bantu ngeolesin doang ke muka gue. Kan gag susah..”, jawabnya panjaaang.

Jengah juga gue denger alasannya. Ni anak juara debat deh kaya’nya. Gue jadi ngerasa semakin bersalah. Tapi lucu juga, mukanya kaya jadi melas gitu. Dan akhirnya, gue ngalah..

“Sini’in muka lu..! Gue olesin tapi jangan ngeluh sakit ya. Lu yang minta..”

Dia cuma senyum.

Gue olesin gel ke bagian mukanya yang lebam. Di pipinya yang lecet juga gue kasih betadine dikit. Dan, kok gue bisa berasa nyaman banget waktu ngelakuin itu ya. Ngolesin gel ke mukanya dikit-dikit sampe merata sambil bisa ngelihatin tekstur wajahnya dengan jelas. Ngedenger napasnya. Wicak emang cakep. Garis-garis ketampanannya memang jelas kelihatan. Gue sampe terpana.

“Loh, kok berhenti?”, tanya gue karena gag sadar ternyata mobilnya udah berhenti dari tadi.

“Udah sampe”, jawabnya sambil lekat ngelihatin gue yang masih ngolesin gel ke mukanya.

“Lu cakep ya, Yo..”, lanjutnya tiba-tiba sambil ngelus pipi gue.

Oh, God. It’s not right. Sadar-sadar.

“Yaudah, kita turun..”, jawab gue langsung balik badan dan turun dari mobil. Berusaha jaim.

Wicak cuma ketawa kecil sambil ngikutin gue keluar dari mobil.

Gue masih belum berani buat bahas kejadian di parkiran kampus tadi. Eh, malah ditambah dia ngelus-elus pipi gue. Sumpah, waktu itu gue bener-bener gag tau apa yang gue rasain. Gue masih ngerasa aneh. My first time experience.

********************************************************************************

Oh, tenyata kita makan di Gudeg Bu Tjip. Tempatnya lumayan bagus sih dari luar. Tatanan tradisionalnya ketara baget meski baru dilihat dari jalan. Sampe di dalem, si ibu-ibu yang jaga di kasir langsung keluar nemuin kita.

“Ealah, den Wicak to.. Kok malem-malem? Lah, itu mukanya kenapa?”, tanya ibu-ibu itu akrab sama Wicak.

“Tadi habis berantem sama pacar, bu. Pacar saya galak..”, jawab Wicak sambil ngelirik ke gue.

Pacar? You wish..! Sebel dah gue dikerjain terus dari tadi.

“Oalah.. sama pacar kok ya sampe kaya gitu. Eh, tadi kok ibu gag lihat den Wicak waktu acara 1000 hari di Ndalem Kilen? Ibu tadi cuma ketemu sama sepupu-sepupunya den Wicak .”

“Tadi ke kampus bu, main basket. Paling males kalo suruh batikan ikut pengajian..”

“Halah, cah enom ki lho..Yaudah, mau pesen yang mana?”

“Yang biasanya aja, bu. Dua. Sama temen saya juga soalnya.”, jawab Wicak.

“Loh, ini temannya? Wong bagus ki kancane cen yo do bagus yo, ngger.. Ealah..”, ujar si ibu-ibu sambil ngeremes-remes lengan gue sebelum melangkah pergi ke biliknya semula. Dasar mucikari hidup.

Wah, jangan-jangan ini rumah makan merangkap rumah bordil nih. Haha..

“Itu tadi bu Tjip. Yang punya..”, kata Wicak ke gue sambil menuju ke salah satu tempat di deket kolam.

“Gue biasa makan disini sama sodara-sodara gue..”, lanjutnya.

Gue cuma diem sambil ngelihat ke sekeliling kolam. Suasananya romantis. Lampunya remang-remang, trus kaya ada bau melati sama kenanga gitu. Beneran deh ni rumah makan + rumah bordil + tempat jin buang anak.

Sejurus kemudian makanan pesanan kita pun datang. Dua porsi gudeg lengkap sama ayam ingkung dan kreceknya. Santannya kalo gue pinjem istilah mbok Darmi pembokat gue, “ngenil-ngenil”. Kesukaan gue banget deh. Gue jadi ngiler, langsung gue samber..

“Kok lu gag makan?”, tanya gue waktu ngelihat Wicak ngebiarin makanannya di tengah meja.

“Kita sepiring berdua. Ntar yang itu buat nambah lagi..”, jawabnya singkat sambil nyuci tangannya pake air kobokan gue.

“Loh, kok? Gue kagak biasa makan sepiring berdua..”, protes gue.

“Mulai sekarang dibiasain”, jawabnya sambil langsung ngambil nasi gue.

Gue masih syok sama apa yang barusan gue alamin. Ni anak lagi sange’ kali ya. Bisa berubah sikap gag sampai dalam waktu 24 jam.

“Lah, lu kok malah bengong? Mau gue suapin makannya?”

“Apaan sih lu?”, jawab gue ketus.

“Hehe...”

Sumpah, lama-lama gue bener-bener ngerasa kagak nyaman dah. Gue jadi berasa kaya’... pacarnya.

Akhirnya kita makan sepiring berdua. Ternyata asik juga. Gue jadi tahu, Wicak gag suka makan cabenya yang utuh-utuh. Jadi tiap dapet cabe pasti disingkirin. Dia juga jadi tahu, kalo gue paling doyan kreceknya. Selama proses makan, kreceknya pasti gue embat duluan. Sampai piring kloter kedua pun, Wicak gag berhasil mengevakuasi krecek jatahnya. Dan akhirnya..

“Lah, gue belum makan kreceknya dari tadi..!”, protesnya.

“Idih, salah lu sendiri kelamaan milih-milih cabenya.”, jawab gue sekenanya.

Kita pun ketawa sama-sama. Dan itu pertama kalinya kita ketawa sama-sama. Karena krecek.

*******************************************************************************

Selesai makan, kita pun langsung cabut ke rumah gue. Di jalan lagi-lagi kita cuma diem. Dasarnya gue emang udah ngantuk sih. Gue lihat Wicak juga berkali-kali nguap..

Dan akhirnya sampe juga di depan rumah gue. Jam 02.30, sodara-sodara.

“Makasih, ya. Udah nganterin dan udah nraktir..”, kata gue ke Wicak sebelum beranjak turun dari mobil.

Tapi waktu gue mau buka pintu mobil, Wicak tiba-tiba pegang bahu gue.

“Ehmm, Yo. Gue nginep tempat lu ya. Udah jam segini. Gue ngantuk banget.”

Deg. Jantung gue mau copot.

**********************************************************************************

Kaget gue, sumpah. What’s in his mind? Mencoba menerka-nerka dalam hati. Jangan-jangan dia mau menjamah gue ntar. Oh no, oh yes. Oh.. NO.

“Yo..?”, tanya Wicak ngelihat gue bengong di depannya.

“Cak, kalo gue sih ayo-ayo aja. Tapi lu kan mesti pulang, ntar lu ditanyain bonyok lu. Lagian tadi pembokat lu pesen gitu.”, jawab gue berusaha mengalihkan pikirannya.

Gue belum siap kalo gue mesti sharing kasur sama Wicak. Dan kita aja baru akrab barusan. Kenal juga baru berapa bulan. Jadi kan gue belum tau luar dalamnya kaya apa. Ntar kalo dia ngegrepe-grepe gue gimana. Gue sih ok-ok aja kalo kita udah saling cinta. Lah, gue belum ada rasa.

“Barusan pertama kalinya lu manggil nama gue, Yo. Thanks..”, jawab wicak sambil senyum ke gue.

“Ntar gue telpon rumah kalo gue nginep tempat lu. Jadi boleh kan?”, tanyanya lagi.

Oh My Goddess. Ini emang pertama kalinya gue nyebut namanya. Ah, gue melting tiap lihat senyumnya. Haaah, gimana nih. Gue kagak enak jadinya.

“Ok, tapi lu tidur di kamar tamu ya. Kasur gue sempit soalnya.”

Akhirnya gue putusin juga. Tapi inget sodara-sodara, gue belum ada rasa. Jadi ini cuma sebatas belas kasihan seorang ‘gue’ sama Wicak.

“Siiip. Kamarnya deket sama kamar lu kan?”, tanyanya lagi.

Apaan sih ni anak. Napsu banget sama gue.

“Kagak. Kamar gue di atas. Lu di bawah.”, jawab gue tegas dan tetep stay cool. Jangan sampe Wicak tau kalo gue sebenernya gugup dari tadi.

“Yaudah, kagak apa. Gue udah ngantuk banget ni soalnya..”

Kita pun turun dari mobil dan masuk ke rumah. Tapi sampai di gerbang, gue baru inget kalo gue kagak bawa kunci gembok depan.

“Haduh, bentar ya. Gue telpon ke dalam dulu. Gue lupa kagak bawa kunci nih.”

“Iya, gue tunggu.”, jawabnya.

Gue pun nelpon rumah. Tapi kok kagak diangkat-angkat lagi ni telpon rumah. Mbok Darmi pasti udah ngorok di belakang nih.

“Yo, dingin ya? Gue gag pake jaket lagi...”

Gue cuma diem sambil masih berusaha ngalihin nelpon ke hp nyokap. Tiba-tiba Wicak udah ngedempetin badannya ke gue dari belakang. Tangannya dilingkarin ke perut gue dan kepalanya disenderin ke bahu kiri gue. Sekonyong-konyong gue kaget.

“Cak...”, ucap gue lirih ke Wicak.

“Gue ngantuk, Yo. Pinjem bahu lu bentar”, jawabnya.

Inget sodara-sodara. Sekali lagi gue ngebiarin Wicak ngelakuin ini. Berdasar belas kasihan gue ke dia. Not more.

Haduh, ni nyokap juga kagak ngangkat-angkat. Pasti di silent nih. Mana gue mulai merinding lagi ngerasain hembusan napasnya Wicak ngenain tengkuk gue.

“Hallo.., kamu dimana, sayang?”, terdengar suara nyokap dari ujung telepon.

“Di depan, Ma. Bukain gerbang dong. Rio lupa bawa kunci, nih.”

“Oya, bentar ya, hon. Tunggu Mama ke bawah nih..”

“Ma...”, sela gue.

“Hmm..?”

“Rio bawa temen ni, Ma. Mau nginep sini. Soalnya udah kemaleman kalo pulang. Dia nya juga udah ngantuk. Boleh?”

“Ya, boleh dong, hon.. Ntar Mama suruh Mbok Darmi nyiapin kamarnya.”

“Thanks, Mam.”

“OK. Wait me, ya..”

Akhirnya, bakal bisa masuk rumah juga. Pernah dulu gue kelupaan bawa kunci, nelpon rumah kagak diangkat, nyokap baru kunjungan kerja ke luar kota, dan akhirnya gue nginep di tempat tetangga

Gue beneran udah capek banget nih. Nanti sampai kamar, gue bakal langsung tepar. Besok bangun siang. Untung kagak ada kuliah.

“Cak...”, kata gue sambil ngelepas tangan Wicak dari perut gue.

“Hmm?”

“Bangun..! Bentar lagi dibukain gerbang.”

“Yo, punggung lu anget. Hehe ..”, kata Wicak.

“Besok lagi ada tarifnya lu meluk-meluk gue kaya gitu..”, jawab gue sambil ngelihat Wicak.

Kita cuma ketawa ngelihat wajah masing-masing udah mulai 2 watt. Dalam kondisi seperti ini ternyata masih bisa terjadi momen-momen romantis. Hohoho..

**********************************************************************************

“Halah, den. Kok ya bisa kelupaan bawa kunci?”, tanya mbok Darmi sambil keluar dari garasi lari tergopoh-gopoh.

“Hehehe...”, jawab gue cuma cengar-cengir.

“Duh, sukanya bikin simbok cenat-cenut deh..”

Gaul amat ni bahasa pembokat gue sekarang. Ah, kebanyakan roaming ma pembokat sebelah nih pasti.

Mbok darmi pun ngebukain pintu gerbang. Pas ngelihat Wicak, mbok Darmi langsung mangap.

“Laaah, bagus tenan iki mase. Temannya den Rio?”, tanya mbok Darmi ke Wicak sambil ngeremes-remes lengan Wicak.

“Iya..”, jawab Wicak sambil senyam-senyum.

“Asmane sinten, mas ganteng?”, tanya mbok Darmi cengar-cengir. Ni, si mbok udah punya cucu 2 biji masih genit aja.

“Namanya Wicak..!”, jawab gue. “Udah ah, mbok... Udah ngantuk nih.”

“Ya.. ya. Loh, mas Wicak bawa mobil, to?”, tanya mbok Darmi lagi.

“Iya, mbok. Ndak apa kan ditaruh di luar?”, tanya Wicak.

“Iya, ndak apa.”, jawab mbok Darmi sambil jalan keluar gerbang ngelihat mobil Wicak.

“Loh, kok.! Cenat-cenut ki..”, teriak mbok Darmi kaget.

“Kenapa mbok, cenat-cenut lagi?”, tanya gue.

“Haah, ndak apa.. Mari masuk aja, den.”, jawab mbok Darmi singkat sambil nutup gerbang.

Kita pun masuk ke dalam rumah lewat pintu garasi. Kayanya, nyokap udah nunggu kita di ruang tengah. Kedengeran suara tv nyala dari sana.

“Den, bentar ya. Temennya diajak minum dulu. Mbok mau ngomong dulu sama Ibu..”, kata mbok Darmi tiba-tiba waktu kita udah sampe ruang makan.

“Ya..”, jawab gue.

“Lu mau minum apa, Cak? Kopi mau?”, tanya gue sekenanya.

“Palelu peyang... Orang udah ngantuk lu tawarin kopi.”

“Hehehe.. teh anget aja ya. Gue bikinin bentar.”

Belum sempet gue ngambil air panas dari dispenser, nyokap udah masuk ke ruang makan sama mbok Darmi. Wow, nyokap masih pake lingerie merahnya...,sexy bo’.

“Who’s your name?”, tanya nyokap langsung ke Wicak tanpa basa-basi. Di belakangnya berdiri mbok Darmi.

Gue kaget. Tumben nyokap pake bahasa bule. Biasanya dia pake bahasa bule kalo lagi kagak mood.

“Wi, wicak, tante.”, jawab Wicak gugup langsung ditembak kaya gitu.

“Ma...”, ujar gue ke nyoap yang langsung dibales kedipan mata mbok Darmi.

“Your full name?”, tanya nyokap lagi.

“Harnangga Wicaksono, tante.”, jawab Wicak semakin gugup.

“When i ask your full name, what i mean is your F-U-L-L name?”, tanya nyokap dengan tegas.

Wicak diam. Dia kelihatan bingung mau ngejawab apa. Gue juga bingung. Ini kenapa kok Mama jadi begini? Lah kok situasinya malah jadi begini?

“Bendoro Raden Mas Harnangga Wicaksono, tante.”, jawab Wicak lirih kali ini.

“Your father’s name?”

“Harnangga Satriyo”, jawab Wicak.

“Your mother’s?” , tanya nyokap lagi.

“Koes Nurlatifa...”.

Deg. Nyokap mendelik. Mbok Darmi mendelik. Gue mendelik. Jantung gue mau copot ngedenger nama wanita itu disebut Wicak.

“Mbok, antarkan mas ini keluar ke pintu gerbang.! Sepertinya mas ini akan lebih baik kalau tidur di rumahnya sendiri.”, perintah Mama ke mbok Darmi dengan nada halus.

“Nggeh, ibu..”, jawab mbok Darmi sambil mendekati Wicak dan menggandeng tangan Wicak untuk keluar.

“Gue pamit dulu, Yo...”, kata Wicak ke gue sambil ngelangkah pergi.

Gue cuma diem sambil ngelihat Wicak. Gue ngelihat mimik kekecewaan di mukanya. Dan ketidaktahuannya tentang apa yang sebenarnya sedang terjadi.

“You go sleep.! We’ll talk about it tomorrow..”, kata nyokap ke gue sambil berjalan menuju tangga balik ke kamarnya.

Gue masih berdiri terpaku. Gue denger suara mobil dinyalain dari luar dan berjalan menjauh. Pintu garasi ditutup dan mbok Darmi masuk ke ruang makan. Melihat gue masih berdiri deket meja makan dengan muka kosong, mbok Darmi mendekat ke gue.

“Den..., waktu mbok lihat tempelan di plat mobilnya, itu yang mbok maksud cenat-cenut.”

******************************

Gue masih belum beranjak dari ruang makan. Jam udah nunjukkin pukul 5 pagi. Pikiran gue masih bergulat sama Wicak dan kejadian semalem. Yang setelah gue pikir-pikir, gag masuk akal.

“Den, gag tidur semalem? Mau mbok bikinin teh anget?”, kata mbok Darmi ngagetin gue.

“Masih kepikiran yang semalem, Den?”, lanjutnya ngelihat gue cuma diem.

“Iya.”, kata gue lemes. ” Mbok, ngerasa ada yang aneh gag? Setau Rio, kalo cucu dalem itu pakenya Raden Mas. Wicak pakenya Bendoro Raden Mas.”

“Itu juga yang mbok sedikit bingung waktu ngelihat mobil Den Wicak semalem.”, jawab mbok Darmi.

“Soalnya mbok juga ngelihat lambang keraton solo di mobilnya sampingan sama lambang keraton jogja.”

“Solo..?”, tanya gue heran ke mbok Darmi.

“Iya, dia anak Harnangga Satriyo. Suami perempuan itu sebelum kawin sama papamu..”, jawab nyokap tiba-tiba.

Ternyata nyokap udah ada di belakang gue dari tadi. Nyokap emang harus berangkat pagi ke kantor. Karena dia mau studi banding ke Padang seminggu.

“Mbok, sarapan saya nanti di mobil. Tolong taruh di ransum ya. Buatin saya kopi aja..”, pinta nyokap ke mbok Darmi sambil duduk di depan gue.

“Nggih, ibu..”, jawab mbok Darmi berlalu ke dapur.

“Haaah?”, tanya gue melongo ke nyokap. “Kok Mama gag pernah cerita ke Rio?”

“Ngapain Mama ceritain. Mama aja udah empet dari dulu. Harnangga Satriyo suami pertamanya, putra dalem dari solo. Dulu pernikahan mereka diatur. Setelah papamu meninggal, mereka rujuk lagi.”

Gue inget nyokap dulu pernah cerita. Kalo grad jogja sama solo tinggian solo. Jogja lebih rendah 1 tingkat di perjanjian Giyanti. Karena itu gelar Wicak ikut trah bokapnya.

“Jadi Rio gimana nih sama dia? Dia kan temen Rio juga, Ma?”, tanya gue ke nyokap.

“You can be friend with him. But you better stay away from him if u still wanna stay with me.”

Gini nih, yang gue kagak suka dari nyokap. Sukanya maksain kehendak. Gue tahu, nyokap kagak suka sama nyokapnya Wicak. Iya, gue juga. Secara dia yang misahin nyokap sama bokap gue. Yang bikin gue kurang kasih sayang dari bokap. Tapi gue kan temenan sama Wicak, bukan sama nyokapnya. Kalo udah begini, perdebatan bisa panjang.

“Tapi, Ma..”, sungut gue ke nyokap.

“Rio, i wanna say something to you..”, kata nyokap motong omongan gue. Mimik muka nyokap mulai kelihatan serius sekarang. Matanya menatap tajam ke arah gue.

“I will get married.”, kata nyokap singkat.

Suasana hening. Mbok Darmi yang dari tadi di dapur lagi bikin kopi, tiba-tiba langsung nyamperin ke meja makan.

“Ibu serius?”, tanya mbok Darmi sambil menaruh kopi di depan nyokap.

Nyokap cuma nganggukin kepala. Diteguknya kopinya sambil ngehela nafas. Gue masih diem seribu bahasa. Pikiran gue masih kalut dengan masalah Wicak, sekarang ditambah pengakuan nyokap yang maha dahsyat. Bukannya gue kagak setuju nyokap nikah lagi. Tapi ini udah hampir 20 tahun sejak nyokap cerai dan nyokap baru mau nikah lagi.

“Ko..kok baru sekarang?, tanya gue terbata-bata ke nyokap sambil nelen ludah.

” Nikah sama siapa, Ma?”, tanya gue lagi.

“Pak Ardhito. Ketua Umum Partai X. Temen Mama di kantor.”

“Haaah? Ardhito Abimanyu itu maksud Mama? Dia kan udah kakek-kakek..”

“I have to, dear.. Karena itu juga kenapa Mama ngelarang kamu buat bergaul dengan Wicak dan keluarga besarnya. Kondisi kita sedang tidak memihak mereka. Kita di pihak oposisi menentang status keistimewaan. Apa kata orang kalo anak mama sendiri malah bergaul dengan mereka.”

“But...,why? Why must be him? Kaya mama gag punya opsi lain aja..”, protes gue ke Mama.

Ya iyalah. Secara dia udah kakek-kakek. Nyokap gue masih 40 tahun. Lagian masa gara-gara nyokap gue mau nikah sama ketua partai terus gue kagak boleh bergaul sama Wicak. (Mungkin kalo ‘digauli’ boleh kali ya. Hehe..)

Nyokap cuma diem tanpa ngejawab sepatah kata pun. Dia ngambil tasnya dan berjalan keluar. Kang Tugiman udah nungguin di mobil. Sampai di pintu depan, nyokap noleh ke gue.

“Rio, I’m pregnant..”, kata nyokap singkat dan berlalu ke mobil.

Mbok Darmi dan gue cuma bisa melongo. Sekali lagi cuma melongo. Dalam hati gue, “what the hell..”

“Mbok, ransum Ibu mana?”, teriak kang Tugiman dari depan.

“Oh iya, sebentar. Tunggu..!”, sahut mbok Darmi.

Gue masih gag percaya sama apa yang barusan gue denger. Nyokap gue halim? Oh God.. Jadi belakangan ini gue ngelihat nyokap banyakan murung, dan terakhir kemarin dia nangis gara-gara itu. Haaah..

Mobil pun berjalan keluar gerbang dan menjauh. Mbok Darmi kemudian duduk di depan gue setelah nutup pintu gerbang. Diberikannya teh anget tadi yang udah mulai dingin ke gue.

“Den, kemarin eyang telpon..”, kata mbok Darmi lirih.

“Haah?”, gue kaget. Berita buruk apalagi nih. Kagak biasanya si tua bangka itu telpon. Biasanya dia cuma nyuruh kurir ke rumah, ngelihat kondisi rumah. Secara rumah gue emang masih atas nama dia.

“Trus?”, tanya gue males.

“Mbok belum bilang ke Ibu. Takut Ibu marah.”

“Kenapa emangnya?”

“Eyang sakit, den.”, jawab mbok Darmi.

“Lah, apa hubungannya ma Rio.. haha”

“Eyang minta Den Rio nemenin Eyang di sana..”, lanjut mbok Darmi.

“Di akhirat maksudnya. Haha. Rio belum mau mati.”, jawab gue ngasal.

“Bukan gitu, den. Eyang minta Den Rio tinggal di rumah Eyang nemenin Eyang..”

“Ah, mbok. Rio capek nih. Rio belum bisa mikir apa-apa. Mau tidur. Terserah deh tu si tua bangka mau ngomong apa. Biarin aja.”, jawab gue sambil beranjak dari meja makan.

“Den, Eyangnya nangis lho pas telpon. Sampai sesenggukan gag bisa ngomong.. kasihan”, seru mbok Darmi waktu gue udah nyampe tangga.

Gue cuma diem dan terus berjalan. Gue belum siap buat ngomong apa-apa. Pikiran gue butuh ketenangan. Sampai di kamar gue nyalain AC yang paling dingin. Otak gue panas. Gue lepas baju dan tidur telanjang..

**********************************************************************************

“Den.. Den Rio.. bangun den.. Udah siang, makan dulu..”, teriak mbok Darmi sambil gedor-gedor pintu kamar.

“Iyaaa, ntaar..”, jawab gue masih rebahan di kasur. Gue ngelihat jam di sebelah gue udah pukul 2 siang. Gila, gue tidur lama banget ya.

Gue baru inget kalo semalem hp gue belum gue charge. Gue nyari hp gue di saku celana, dan waktu gue lihat, udah ada 10 missed call sama 11 pesan masuk.

“Buset dah, banyak banget yah..”, teriak gue.

Gue buka hp gue. 10 missed call ternyata dari Wicak semua. Pantesan gue kagak denger, hp msh gue silent. Ngapain ya Wicak sampe misscaled sebanyak itu? Gw jadi ngerasa bersalah.

10 pesan masuk dari Rini sama Adi, gantian nanyain kabar gue. Ni anak berdua kalo gue kagak kasih kabar bawaannya parno. Nih, isi sms nya..

Rini-1: Yo, lu udh di rumah?

Adi-1: Eh bujang lapuk, sampe rumah smlm jam brpa lu?

Rini-2: Yo, lu tidur ya?

Adi-2: Yah, ni anak.. msih molor, lu?

Rini-3: Yo, lu baik2 aj kan?

Adi-3: Muke gile, mak lampir barusan sms gw. Lu kenapa2 ya?

Rini-4: Yo, gerandong udah sms lu? Lu baik2 aj kan?

Adi-4: Bro, lu kena serangan jantung mendadak ya?

Rini-5: Yo, ntar mlm gw ma gerandong mau ke t4 lu. Mbok Darmi masak apa?

Adi-5: Yo, ntar mlm mak lampir ma gw mau ke t4 lu. Siapin sajennya ya..

Gue bales: Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz...

1 sms lagi dari nomor kagak dikenal. Kagak ada di phonebook gw. Siapa ya?

{xxxxxxxx}: all of us have someone who is hidden in the bottom of the heart. when we think off him, we will feel like umm..always feel a little pain inside. but we still want to keep him. even tough we dont know where he is today, what is he doing. but he is the one.
_Diaz

Wakzzz. Diaz? Temen baik gw SMP dulu. Giofani Diaz Prawiratama. Dulu SMP kita sekelas terus dari kelas 1 sampai kelas 3. Kagak tahu gue kenapa kita bisa sekelas terus. Apa karena nyokapnya kepala sekolahnya, terus dia minta bisa selalu sekelas sama gue? Hehe. Gue paling inget dulu Diaz pernah ngomong ke gue waktu kita makan martabak telor di sekaten, “Gue pengen jadi koki spesialis martabak. Gue seneng tiap makan martabak stress gue ilang. Jadi, koki bisa ngebuat orang seneng kan, Yo? Makanya gue pengen jadi koki.” Gue cuma ketawa waktu itu. Ngelihat Diaz yg masih keturunan china, gendut, tembem, doyan makan, pake kacamata bulet, bilang gitu sambil makan martabak sama gue. Tapi setalah gue pikir-pikir sekarang, bukankah itu cita-cita yang mulia?

Waktu lulus SMP, Diaz ikut bokapnya pindah ngurusin usahanya di Jakarta. Tragis, nyokapnya meninggal waktu gue sama Diaz studi tour ke Bali habis ujian nasional. Gue masih inget waktu itu Diaz sesenggukan nagis di bahu gue, ngelihat nyokapnya dikubur. Gue gag tega dan jelas ikut-ikutan nangis. Padahal gueharusnya yang ngehibur Diaz. Gue sering sedih kalo inget Diaz, jadi orang kaya tapi jarang bahagia. Terakhir, 3 tahun lalu gue denger kabar dari sodaranya kalo dia di sana sekolah di SMA Labskul. SMA kelas yahut katanya. Buset dah ni anak, kagak ada matinya.

Gue bales sms Diaz: Lu kemana aja sih, yaaaaazzzz? Kgk pernah ngasih kabar.!

Semenit kemudian. Tit.. titit.. tiritititit.. hp gue bunyi. Sms dari Diaz.

‘mario, mario, mario, cover me in honey and suck it off with a straw’

to be continued

0 comments:

Post a Comment